Beranda Inspiring Sekolah Bijak Plastik Di Trenggalek, Ubah Sampah Menjadi Karya Seni & Properti...

Sekolah Bijak Plastik Di Trenggalek, Ubah Sampah Menjadi Karya Seni & Properti Fashion Show

726

TRENGGALEK, bioztv.id – Peduli sampah plastik yang terbuang sia sia, salah satu sekolah dasar di Kabupaten Trenggalek ajak siswanya untuk manfaatkan sampah plastik menjadi berbagai kerajinan unik dan property acara fashion show. Bahkan, sekolah ini juga disebut sebagai sekolah bijak plastik.

Sekolah Dasar (SD) yang memanfaatkan sampah plastic menjadi berbagai kerajinan ini adalah SD Negeri 1 Karanganyar yang ada di Kecamatan Gandusari. Sampah sampah plastic tersbeut diolah menjadi berbagai kerajinan seperti halnya tempat duduk, tas, hiasan dinding, baju fashion show, dan berbagai kerajinan lainnya. Sampah sampah tersebut diambil para siswa dari jalanan yang ada disekitar sekolah, selanjutnya, sampah tersebut ditampung di sekolah, kemudian dipilah dan diolah menjadi berbagai jenis kerajinan.

Salah satu Siswa SDN 1 Karanganyar, Widya Prameswari Raharjo menerangkan, dirinya aktif mengumpulkan sampah dan membuat kerajinan di sekolahnya ini sudah lebih dari setahun, iajuga mengaku senang mengikuti kegiatan ini, karena mengasyikkan dan bisa digunakan untuk mengisi waktu di sela-sela kegiatan belajar mengajar.

Sedangkan siswa lainnya, Agista Widya, juga menyampaikan, untuk membuat satu baju dari sampah plastik,  para siswa membutuhkan waktu sekitar 2-3 pekan,  itu pun cara bikinnya bersama sama. Sebagai karya daur ulang. Baju-baju tersebut juga dipakai untuk diperagakan para siswa di event sekolah seperti saat acara wisuda.

Sementara itu Kepala SDN 1 Karanganyar, Sumirah  menjelaskan, Pemanfaatan sampah plastik menjadi berbagai kerajinan ini merupakan sebagai wujud kepedulian sekolah terhadap banyakna sampah plastic yang menumpuk dilingkungan sekitar. Sehingga pihak sekolah men-edukasi para siswa agar peduli terhaap sampah plastik, dan melatihnya untuk mengubah sampah tersebut menjadi aneka kerajinan yang memiliki nilai ekonomis.

Sumirah juga menambahkan, penerapan pola lingkungan bijak plastic yang dilakukan oleh SDN 1 Karanganyar ini sudah dilakukan sejak tahun 2017 silam, sejak itu, sampah sampah yang ada di sekitar sekolah rutin dipunguti para siswa, untuk dipilah pilah dan di daur ulang menjadi berbagai jenis kerajinan.