Beranda NEWS MOMENT Kekeringan, Ratusan Warga Di Kecamatan Trenggalek Dilanda Krisis Air Bersih

Kekeringan, Ratusan Warga Di Kecamatan Trenggalek Dilanda Krisis Air Bersih

612
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id – Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Trenggalek selama beberapa bulan terkahir, berdampak terhadap meluasnya daerah yang mengalami krisis air bersih. Meski sebelumnya  hanya terjadi didaerah pelosok, namun saat ini desa yang ada di kawasan perkotaan Trenggalek juga mengalai krisis air bersih.

Salah satu Desa di kawasan perkotaan Trenggalek yang saat ini mengalami krisis air bersih adalah Desa Karangsoko Kecamatan Trenggalek. Krisis air bersih di desa ini sudah trejadi sejak 3 bulan terakhir. Untuk mencukupi kebutuhan air bersihnya, warga harus mencari kelokasi yang jaraknya mencapai 4 kilo meter, dan mengandalkan bantuan air bersih dari pemerintah maupaun relawan. Pasalnya, didaerah ini juga tidak dijangkau oleh saluran air dari PDAM.

Kepala Desa Karangsoko, Slamet menjelaskan, Warga yang terdampak kekeringan di desa ini tersebar di 6 RT, dengan jumlah warga sebanyak 444 jiwa. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga tersebut, pihaknya terus mengupayakan bantuan air bersih baik dari pemerintah, maupun dari relawan. Sedangkan untuk jangka panjangnya, pihaknya juga sudah merencanakan pengeboran sumur dalam, yang saat ini sudah diajukan ke pemerintah daerah.

Slamet juga menyampaikan, distribusi bantuan air bersih untuk warga Desa Karangsoko yang terdampak kekeringan ini sudah dilakukan sejak 10 September kemarin. Meski sebelumnya pernah meminta bantuan air bersih dari BPBD, namun saat ini pemerintah desa memilih untuk meminta bantuan air bersih dari salah satu perusahaan yang ada di Desa karangsoko.