Beranda NEWS MOMENT Memasuki Bulan Selo, Nelayan Pantai Prigi Kembali Gelar Labuh Laut Larung Sembonyo

Memasuki Bulan Selo, Nelayan Pantai Prigi Kembali Gelar Labuh Laut Larung Sembonyo

2379

TRENGGALEK, bioztv.id – Lestarikan budaya dan wujudkan rasa syukur atas tangkapan ikan yang melimpah selama beberapa waktu terakhir,  nelayan di perairan Prigi Kabupaten Trenggalek,  Jawa Timur ,  kembali gelar tradisi sedekah laut melarung tumbeng raksasa, atau yang biasa disebut dengan larung sembonyo.

Tradisi budaya labuh laut larng sembonyo ini dilakukan oleh nelayan Prigi ,  Kecamatan Watulimo ini,  diawali dengan arak arakan kirab tumpeng raksasa serta aneka hasil bumi dari kantor kecamatan watulimo menuju Pelabuhan Perikanan Nusantara Pantai Prigi. Selanjutnya,  dilakukan doa bersama yang diikuti oleh ribuan nelayan  serta masyarakat sekitar.

Salah satu sesepuh pantai prigi, Yaman menjelaskan, tradisi larung sembonyo ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur terhadap tuhan yang maha kuasa atas hasil tangkapan nelayan yang melimpah dalam setahun terakhir. selain itu para nelayan juga berdoa bersama agar  pada tahun depan hasil tangkapan lautnya juga semakin melimpah.

Sementara itu salah satu Nelayan Pantai Prigi, Nur Kamid juga menerangkan, bahwa ritual larung sembonyo ini ,  rutin digelar oleh masyarakat di pesisir pantai Prigi sejak ratusan tahun yang lalu . Tradisi ini rutin dilaksanakan setiap setahun sekali pada saat bulan selo dalam penanggalan jawa.

Usai didoakan ,  buceng raksasa yang tadinya diarak dari kantor kecamatan tersebut, selanjutnya dibawa menuju dermaga pelabuhan dan kemudian ditarik menuju ke tengah laut untuk dilarung. dalam prosesi ini,  ratusan nelayan ikut serta mengantarkan hingga ke tengah laut dengan menaiki kapal motor.