Beranda NEWS Tak Kunjung Diusulkan Bupati, Ranperda RTRW Menjadi Atensi Bapemperda DPRD Trenggalek

Tak Kunjung Diusulkan Bupati, Ranperda RTRW Menjadi Atensi Bapemperda DPRD Trenggalek

393

TRENGGALEK, bioztv.id – Tak kunjung diusulkan oleh bupati, Rancangan peraturan daerah (Raperda) terkait revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) menjadi atensi khusus Bapemperda DPRD Kabupaten Trenggalek. Pasalnya, Ranperda tersebut saat ini dinilai sangat diperlukan dan sudah ditunggu oleh banyak pihak.

Bedasarkan pemantauan Bapemperda DPRD Kabupaten Trenggalek, Perda RTRW yang ada saat ini dinilai sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini, terutama bagi dunia usaha. Selain itu, dalam perjalananya RTRW ada beberapa peraturan Menteri terkait tata ruang yang berubah, sehingga saat dilakukan revisi juga harus disesuaikan dengan peraturan Menteri yang berlaku saat ini.

Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Trenggalek, Alwi Burhanudin menerangkan, Mengingat Revisi Perda RTRW tersebut sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan, pihaknya berharap agar draf dan naskah akademiknya segera diusulkan ke DPRD, agar bisa segera dilakukan pembahasan.

Alwi juga menambahkan, bahwa untuk membuat atau merevisi perda RTRW memang melibatkan banyak sector, pasalnya peraturan yang mengatur rencana tata ruang wilayah (RTRW) ini melibatkan lintas sektor kementerian, bahkan dalam pembuatan ataupun revisi RTRW didaerah juga harus ada rekomendasi dari gubernur.