Beranda NEWS KRIMINAL 42 Pohon Sono Keling Di Trenggalek-Tulungagung Hilang, Dishut Jatim Telusuri Jejaknya

42 Pohon Sono Keling Di Trenggalek-Tulungagung Hilang, Dishut Jatim Telusuri Jejaknya

1517

TRENGGALEK, bioztv.id – Puluhan pohon sono keling di ruas jalan nasional Trenggalek-Tulungagung hilang ditebang tanpa ada perizinan yang jelas. Dinas Kehutanan (DIshut) Jawa Timur lakukan inventarisir dan pengecekan langsung di lapangan bersama instansi terkait.

Menindaklanjuti laporan terkait dengan adanya penebangan pohon jenis sono keling yang tidak jelas perizinnannya di sepanjang ruas jalan nasional Trenggalek. Pemprov Jatim bersama dishut provinsi,  bksda kementerian lhk,  PPK 21 wilayah Kediri sebagai pengelola jalan nasional,  lakukan pengecekan langsung ke lokasi.

Kabid Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekosistem Dishut Jatim,  Toat Tridjono menjelaskan bahwa pengecekan di lokasi dilakukan sesuai laporan hilangnya pohon sono keling dikawasan ruas jalan Nasional Tulungagung-Durenan-Trenggalek. dari hasil cek lapangan,  didapati ada 42 pohon sono keling yang sudah hilang ditebang. belum bisa dijelaskan secara pasti berapa kisaran kerugiannya.

Toat juga menambahkan, bahwa Kayu sono keling merupakan kayu yang tergolong langka, dan jumlahnya juga terbatas, sehingga harganya di pasar juga cukup tinggi melebihi harga kayu jati. Untuk itu pihaknya masih mengumpulkan data-data kayu yang hilang tersebut, termasuk permasalahan kenapa pohon ditebang.