Beranda Culture Inilah Harta Karun Cina Era DInasti Ming & DInasti Tang Yang Ditemukan...

Inilah Harta Karun Cina Era DInasti Ming & DInasti Tang Yang Ditemukan Di Trenggalek

1282

TRENGGALEK, bioztv.id – Harta karun peninggalan etnis tionghoa pada era Dinasti Ming dan Dinasti Tang baru saja ditemukan di Kabupaten Trenggalek, Harta Karun tersebut berupa perhiasan, perabot rumah tangga, uang coin kuno, dan bekas Kawasan Kawasan permukiman warga China.

Seperti inilah benda benda kuno peninggalan etnis china yang baru saja ditemukan warga, benda benda ini ditemukan warga di Kawasan area persawahan Dusun Jati,  Desa Gayam,  Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Beberapa barang yang ditemukan dilokasi tersebut antara lain, Mangkuk,  Cupu,  Gelang,  Kelintingan,  Uang uang kuno yang bertuliskan huruf china,  arab dan jawa, serta berbagai pecahan gerabah. sedangkan di lokasi sawah juga ditemukan beberapa benda kuno berukuran besar berupa sumur dan lesung batu.

Berdasarkan keterangan pemilik lahan lokasi penemuan harta karun peninggalan etnis china, sumono menerangkan benda benda tersebut ditemukan saat menggali tanah untuk bahan batu bata. Sebelum menemukan benda benda yang sekarang ini, pada tahun 20117 silam dirinya juga pernah menemukan uang koin bertuliskan huruf china dalam jumlah cukup besar dengan berat hingga 50 Kilo gram, namun barang tersebut sudah dibeli oleh kolektor dengan harga 250.000 per kilogramnya.

Sumono juga menambahkan, temuan benda-benda kuno tersebut berada di kedalaman tanah satu meter. selain di area persawahan,  warga lain juga banyak menemukan benda-benda sejenis di pekarangan maupun daerah sekitarnya. Sehingga diduga kuat Kawasan tersebut pernah menajdi Kawasan permukiman etnis china yang datang di Trenggalek pada masa majapahit.