Beranda Business Unik & Keren, Inovasi Indusri Kreatif Wood Craft Karya Pemuda Kampak Trenggalek

Unik & Keren, Inovasi Indusri Kreatif Wood Craft Karya Pemuda Kampak Trenggalek

837

TRENGGALEK, bioztv.id – Berkreasi dan berinovasi menjadi salah satu solusi menekan angka pengangguran bagi pemuda di Desa Sugihan Kecamatan kampak Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Dengan ide ide kreatif yang dimiliki, serta kemauan yang kuat untuk berkembang, Sejumlah Pemuda Di Desa ini berhasil menciptakan berbagai karya seni unik dari limbah kayu, bambu, hingga paralon bekas.

Berawal dari sulitnya mencari kerja bagi pemuda yang hanya bermodal ijazah sekolah yang pas pasan, Sejumlah pemuda Desa Sugihan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek Jawa Timur akhirnya berusaha  memeras otak untuk berinovasi menggembangkan bakatnya melalui karya seni dan kerajinan. Dari situlah akhirnya muncul ide kerajinan wood craft yang digagas oleh ahmad Toyibin. Berbagai kerajinan unik  berupa lukisan pirografi, Miniatur Perahu, Hiasan Lampu, Soufenir dan kerajinan lain dengan bahan baku limbah kayu mebel telah berhasil dibuatnya, dan terbukti laku di pasaran.

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah Desa Sugihan atas inovasi industry kreatif yang digagas warganya tersebut, Akhirnya Kepala desa setempat juga berinisiatif untuk memberikan pembinaan, pelatihan, dan upaya pengembangan pemasaran. Selain itu untuk meningkatkan usaha dari Pemuda Des tersebut, Pihak Pemerintah Desa juga akan mengupayakan bantuan permodalan.

Berkat gagasan inovasi pengembangan industry kreatif di Desa Sugihan ini terbukti mampu memberikan dampak yang positif bagi warga Desa setempat, khusunya bagi para Pemuda. Berkat ide gagasan tersebut pemuda yang sebelumnya hanya nganggur menunggu oenggilan kerja, saat ini bisa berkreasi  melalui karya seni yang ditekuninya.