Beranda NEWS MOMENT Anggaran Keamanan Pilkades Serentak Trenggalek Tahun 2019 Menjadi Beban Desa

Anggaran Keamanan Pilkades Serentak Trenggalek Tahun 2019 Menjadi Beban Desa

464

TRENGGALEK, bioztv.id – Kucuran anggaran Pilkades serentak dari pemerintah Kabupaten Trenggalek ternyata tidak bisa digunakan untuk anggaran keamanan, Pasalnya, anggaran Pilkades tersebut hanya bisa digunakan untuk tahapan kegiatan pokok pilkades saja, sehingga untuk anggaran keamanan menjadi tanggung jawab masing masing desa.

Demi kelancaran dan suksesnya pemilihan kepala desa serentak tahun 2019, pemerintah Kabupaten Trenggalek memberikan kelonggaran terhadap pemerintah desa untuk menambah anggaran pilkades dari dana desa sesuai kebutuhannya. Salah satunya yaitu mengalokasikan dana desa untuk anggaran keamanan bagi linmas, rapat rapat tambahan, dan kegiatan lain demi suksesnya pilkades di masing masing desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa (PMD) Kabupaten Trenggalek, Joko Wasono menerangkan, bahwa untuk anggaran keamanan memang tidak bisa dibiayai dari anggaran pilkades yang dikucurkan pemerintah daerah, sehingga pihak desa harus membiayainya dari anggaran dana desa.

Sebelumnya diketahui bahwa, pemerintah kabupaten Trenggalek akan mengucurkan anggaran lebih dari 5 miliar rupiah untuk kegiatan pilkades serentak tahun 2019 mendatang. Meski demikian anggaran tersebut hanya bisa digunakan untuk membiayai kegiatan pokok yang kental dengan proses Pilkades sesuai ketentuan yang ada.