Beranda NEWS MOMENT Keren, Petani Trenggalek Perbaiki Kualitas Buah Durian Dengan Cara Top Working

Keren, Petani Trenggalek Perbaiki Kualitas Buah Durian Dengan Cara Top Working

563

TRENGGALEK, bioztv.id – Tingkatkan kualitas dan mutu durian didaerahnya, sejumlah petani durian di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek lakukan rakayasa bibit unggul dengan system Top Working. Dengan cara ini terbukti mampu memperbaiki kualitas hasil panen durian para petani.

Top Working merupakan usaha perbaikan mutu dengan memperbaiki tanaman yang sudah ada, yaitu dengan cara memotong batang buah durian yang kualitasnya kurang bagus, kemudian dilakukan penggabungan batang bawah (understam) dengan pucuk pohon buah durian unggul pada batang atas (entris), sehingga terbentuk tanaman yang mempunyai sifat perpaduan antara sifat batang bawah dengan sifat batang atas.

Salah satu Petani Durian asal Watulimo, Sujono menerangkan, Untuk bibit durian yang digunakan sebagai penyambung bagian atas, biasanya menggunakan bibit duiran unggul khas Trenggalek, Seperti halnya Durian Ripto yang sudah mendapat sertifikasi Nasional, Durian Rindu, Ridin, dan berbagai jenis durian pemenang kontes lainnya.

Sujono juga menambahkan, beberapa keuntungan dari rekayasa bibit unggul dengan system Top Working ini antara lain, bisa mempercepat masa berbuah durian, rasa dan kualitas buah menjadi lebih bagus sesuai keinginan, nilai ekonomis meningkat, perakaran lebih kuat, serta dari satu pohon dapat berbuah lebih dari satu jenis durian, tergantung jumlah dan jenis entris yang disambungkan pada pohon bawah.