Beranda Hobby Sensasi Ekstrim Wisata Panjat Tebing Via Ferrata Gunung Sepikul Trenggalek

Sensasi Ekstrim Wisata Panjat Tebing Via Ferrata Gunung Sepikul Trenggalek

1074

TRENGGALEK, bioztv.id – Ini dia kawasan wisata akstrim yang menantang adrenaline di Kabupaten Trenggalek, Wisata tersebut adalah wisata panjat tebing yang didesain khusus bagi pemula dan wisatawan, yaitu pajat tebing menggunakan alat bantu tangga besi yang menancap di dinding tebing batu, Kawasan tersebut diberi nama via verata gunung sepikul.

Via Ferrata sendiri berasal dari bahasa yunani yang artinya tangga besi, sehingga via verata bisa diartikan sebagai tehnik panjat tebing menggunakan tangga besi yang tertancap pada dinding batu, Denagn alat ini  pemanjat bisa menaiki tebing tinggi tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra, sehingga  bisa menikmati keindahan dari atas tebing yang tinggi.  Via verata ini merupakan satu satunya tempat wisata panjat tebing di jawa timur, bahkan hanya ada 2 di seluruh indonesia,  yaitu di tebing parang,  purwakarta,  jawa barat, dan via ferrata Gunung sepikul Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.

Salah seorang pengelola Via Ferrata tebing sepikul,  eko saputra , menerangkan, jalur Via Ferrata di gunung sepikul ini mulai dibangun sejak bulan juni tahun 2017 lalu. dengan ketinggian anak tangga hingga 225 meter dari permukaan tanah. Dengan adanya via ferata ini dirinya berharap agar wisata panjat tebing tidak hanya bisa dinikmati oleh professional saja, malinkan bisa dinikmati oleh semua kalangan yang menginginkannya, termasuk yang masih awam dalam dunia adventure.

Sementara istri Wakil Bupati Trenggalek, Novita Hardini, mengaku takjub dengan via ferrata di gunung sepikul ini,  pasalnya, tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra, dirinya bisa menikmati olahraga ekstrim diatas tebing dengan bonus pemandangan yang indah dari atas tebing.

Wisata pemacu adrenaline tersebut merupakan kawasan wisata yang dikelola atas kerjasama perhutani,  LMDH dan investor swasta sebagai operator pelaksana. Untuk keamanan bagi pemanjat, di via ferrata ini bisa dibilang cukup terjamin,  karena setiap orang yang akan memanjat wajib melengkapi diri dengan peralatan standar keamanan. mulai dari helm,  lanyard dan harness.  Selain itu di sepanjang jalur pendakian juga dilengkapi tali baja.