Beranda Advetorial Novita Hardini Dorong Pengembangan Batik Ciprat Kampung Inklusi Gunung Kebo Trenggalek

Novita Hardini Dorong Pengembangan Batik Ciprat Kampung Inklusi Gunung Kebo Trenggalek

219

TRENGGALEK, bioztv.id – Tinjau langsung produksi batik ciprat oleh para penyandang disabilitas di Kampung Inklusi Gunung Kebo, Desa Sambirejo, Kecamatan Trenggalek, Istri calon bupati petahana nomor urut 2 apresiasi kreatifitas para disabilitas. Selain itu pihaknya juga mendorong agar produksi batik ciprat tersebut bisa lebih dikembangkan.

Seperti inilah saat istri calon bupati Trenggalek petahana blusukan dan sapa langsung para disabilitas di Kampung Inklusi. Berawal dari rasa penesarannya terhadap proses produksi batik ciprat oleh mereka yang berkebutuhan khusus, Novita hardini sempatkan untuk berkunjung ke lokasi. Untuk mengobati rasa penasarannya, Novita juga mencoba langsung proses pembuatan batik ciprat menggunakan alat khusus berupa canting.  Tak sampai disitu, Novita juga menyelesaikan pembuatan batik ini hingga proses pewarnaan.

Menanggapi kunjungannya ini, Novita Hardini menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi semangat para penyandang disabilitas di Kampung Inklusi Gunung Kebo ini. Meski mereka berkebutuhan khusus, namun mereka mampu menghasilkan karya batik ciprat yang luar biasa. Ia juga mendorong agar produksi batik ini bisa lebih dikembangkan, untuk mendukung hasil produksi batik ciprat ini, pemerintah daerah juga akan terus memfasilitasi proses pemasaran melalui pengenala produk produk loka. Salah satunya melalui Galeri gemilang.

Perlu diketahui bahwa, Batik ciprat adalah batik yang dibuat dengan cara menyipratkan malam di atas kain mori, kemudian dilakukan pewarnaan, sehingga akan menghasilkan motif yang abstrak dan berbeda di setiap kainnya. Batik ciprat ini juga diketahui sebagai salah satu media pemberdayaan terhadap orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus atau penyandang disabilitas.