Beranda NEWS MOMENT Unik, KPU Trenggalek Manfaatkan Tembok Kosong Untuk Sosialisasi Pilkada 2020

Unik, KPU Trenggalek Manfaatkan Tembok Kosong Untuk Sosialisasi Pilkada 2020

268

TRENGGALEK, bioztv.id – Ada yang unik dari cara sosialisasi Pilkada oleh Komisi Pemiihan Umum (KPU) Trenggalek. Selain lakukan sosialisasi langsung dengan cara tatap muka, KPU Trenggalek juga manfaatkan tembok kosong untuk membuat mural yang berisi pesan dan ajakan untuk mensukseskan pemilihan bupati dan wakil bupati Tahun 2020.

Pembuatan mural dengan tema sukseskan pemilhan bupati dan wakil bupati Trenggalek tahun 2020 ini merupakan hasil kerjasama antara KPU Trenggalek dengan Forum perupa Trenggalek (FPT). KPU mengajak FPT untuk menyampaikan konten konten atau pesan pesan informasi kepada masyarakat terkait Pilkada. Terutama konten yang bersifat penyadaran, mulai dari mengajak pemilih menolak politik uang, hingga makna kesetaraan dari satu orang satu suara satu nilai.

Komisioner KPU Trenggalek, Nurani Soyomukti menyampaikan, Sosialisasi melalui mural mural di tembok pinggir jalan ini dinilai akan lebih efektif daripada sekedar sosialisasi tatap muka. Karena lokasinya di pinggir jalan, dan banyak orang yang melintas, otomatis mural ini akan banyak yang melihat.  Selain bermanfaat sebagai emdia sosialisasi, pembuatan mural ini juga dinilai bisa membuat kawasan kota Trenggalek menjadi lebih indah.

Nurani juga menjelaskan, pembuatan mural ini diawali dari tembok milik dinas Komindag kabupaten Trenggalek. Sebelum membuat mural di lokasi tersebut, pihaknya sudah meminta ijin terlebih dahulu, sementara itu pihak dinas juga memberikan ijin. Selain di lokasi ini, rencananya pembuatan mural akan dilanjutkan di beberapa lokasi strategis lain, seperti di Kecamatan Karanga, sekitaran perempatan Nirwana, dan beberapa lokasi lainnya.