Beranda Advetorial Mas Ipin, “Selama 4 Tahun Terakhir Pertumbuhan PAD Trenggalek Cukup Signifikan”

Mas Ipin, “Selama 4 Tahun Terakhir Pertumbuhan PAD Trenggalek Cukup Signifikan”

154

TRENGGALEK, bioztv.id – Selama kurun waktu 4 tahun terakhir, calon bupati Trenggalek petahana nomor urut 2, Mochamad Nur Arifin ungkap jika pertumbuhan pendapatan asli daerah (PAD) ada kenaikan yang cukup signifikan. Meski proporsi nilainya tidak sebesar APBD, namun pertumbuhan dari tahun ke tahun terus merangkak naik.

Mengacu keterangan calon bupati Trenggalek petahana, Mas Ipin menjelaskan, jika dilihat dari proporsi nilai APBD, nilai PAD memang belum sebesar PAD. Namun selama 4 tahun terakhir nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Saat dirinya awal menjabat nilai PDRB per kapita hanya sebesar 19 Juta, namun saat ini sudah naik hingga 26 juta per kapita per bulan.

Lebih lanjut Mochamad Nur Arifin menyampaikan, setelah adanya kenaikan nilai PDRB, selanjutnya untuk menaikkan PAD tinggal bagaimana menggalakkan pemanfatan aset aset daerah untuk dikerjasamakan dengan pubilk. Namun peningkatan PAD yang signifikan dimungkinkan belum bisa dilakukan dalam kurun waktu satu hingga dua tahun kedepan, karena dimasa pandemi ini pemerintah daerah masih harus memberikan kelonggaran kelonggaran pajak dan insentif pajak dalam rangka pemulihan ekonomi.

Calon bupati Trenggalek petahana juga menambahkan, sejumlah alternatif lain untuk meningkatkan PAD tersebut diantaranya, akan melakukan pengelolaan aset dengan sistem lelang investasi. Pengelolaan aset itu juga akan didukung dengan pemanfaatan peta digital yang sudah disiapkan. Selain itu untuk mendorong PAD dari sektor Pariwisata juga tidak hanya akan mengandalkan retribusi dari tiket masuk saja, tapi juga akan dikembangkan melalui lelang investasi.