Beranda Advetorial Bincang Santai Petani Trenggalek & Mas Ipin, Mandiri Dengan Produksi Sendiri Pupuk...

Bincang Santai Petani Trenggalek & Mas Ipin, Mandiri Dengan Produksi Sendiri Pupuk Organik Cair

294

TRENGGALEK, bioztv.id – Kelangkaan pupuk bukan lagi masalah bagi gabungan kelompok Tani (Gapoktan) di Desa Gamping Kecamatan Suruh kabupaten Trenggalek ini. Berkat keahliannya memproduksi sendiri pupuk organic cair, mereka tidak lagi ketergantungan dengan pupuk bersubsidi. Seperti apa kesaksian mereka ?, berikut liputannya.

Kelompok tani yang produksi pupuk cair ini adalah Gapoktan Sumber Rejeki yang ada di Desa Gamping Kecamatan Suruh. Kelompok tani ini merupakan salah satu kelompok binaan dari Mochamad Nur Arifin atau mas ipin sejak 4 tahun silam. Awalnya, Mas Ipin memberikan pupuk cair ke mereka, selanjutnya mereka juga diberikan pelatihan supaya bisa membuat sendiri pupuk cair sendiri.

Menurut pimpinan gapoktan Sumber Rejeki, Sugini, setelah mengetahui caranya dan mempraktekkan, proses membuat pupuk cair ini sangat mudah, karena bahan bahannya juga berasal dari kotoran hewan ternak yang di fermentasi. Selain itu, hasilnya juga terbukti memuaskan.

Sugini juga menjelaskan, saat ini pihaknya tidak lagi ketergantungan dengan pupuk pabrikan maupun pupuk bersubsidi, karena kebutuhan pupuk sudah bisa ia produksi sendiri. Mengingat pupuk yang ia produksi ini merupakan pupuk organik, selain bermanfaat untuk menyuburkan tanaman, juga bisa menjaga kelestarian lingkungan.