Dampingi Khofifah di Trenggalek, Mas Ipin Optimis Pantai Mutiara Cocok Jadi taman Laut

oleh
oleh
Dampingi Khofifah di Trenggalek, Mas Ipin Optimis Pantai Mutiara Cocok Jadi taman Laut
Dampingi Khofifah di Trenggalek, Mas Ipin Optimis Pantai Mutiara Cocok Jadi taman Laut

TRENGGALEK, bioztv.id – Dampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa tenggelamkan terumbu karang. Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin alias Mas Ipin optimis Pantai Mutiara yang ada di Kecamatan Watulimo cocok dijadikan taman bawah laut. Terlebih di pesisir selatan yang kondisi ombaknya tinggi juga tidak banyak spot diving.

Berdasarkan keterangan Bupati Trenggalek, sejak beberapa tahun lalu Gubernur Jawa Timur sudah banyak gelontorkan program ke Trenggalek. Salah satunya program dalam menjaga keberlangsungan ekosistem laut. Terlebih saat ini urusan kelautan sudah tidak ada di tingkat Kabupaten, namun langsung menjadi wewenang pemerintah provinsi Jawa Timur. Saat ini Trenggalek, Gubernur juga melakukan replantasi terumbu karang.  Sebelum ditengelamkan, terumbu karnag itu diberikan ke Mas Ipin, kemudian ia menyelam ke bawah laut untuk memastikan di bawah aman.

Lebih lanjut Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, di pantai selatan khususnya, kalau mencari spot diving tidak banyak. Karena rata rata pantai selatan ombaknya besar dan tingi. Sehingga Pantai Mutiara ini dinilai sangat cocok untuk menjadi taman bawah laut. Terlebih dilokasi pertemuan arus Pantai Mutiara ini pertumbuhan terumbu karangnya cukup baik, bahkan menkadi salah satu yang tercepat di pesisir jawa. Pertumbuhannya yakni bisa mencapai 3 cm.

Mas Ipin juga menambahkan, penanaman terumbu karang yang baru saja ia lakukan berada di kedalaman 5 sampai 6 meter. Namun untuk lokasi yang terumbu karangnya sudah bagus dan banyak ikannya berada di dikedalaman 11 meter. Semenjak digalakkan penanaman terumbu karang sejak beebrapa tahun terakhir, dilokasi tersebut sudah mulai ditemukan gurita dan ikannya juga menjadi lebih banyak.