Beranda NEWS PARLEMEN Polemik Kebijakan Keringanan Angsuran, Komisi 2 DPRD Trenggalek Panggil Sejumlah Bank

Polemik Kebijakan Keringanan Angsuran, Komisi 2 DPRD Trenggalek Panggil Sejumlah Bank

59

TRENGGALEK, bioztv.id – Sinkronkan kebijakan keringanan angsuran bagi masyarakat ditengah pandemi corona, Komisi 2 DPRD Trenggalek panggil sejumlah Bank dan Lembaga pembiayaan yang ada di Trenggalek. Hasilnya, sejumlah lembaga pembiayaan dinilai belum sepenuhnya menerapkan kebijakan tersebut secara maksimal.

Mengacu keterangan ketua komisi 2 DPRD Trenggalek, Sejak pendemi corona melanda tanah air, kondisi perekonomian memang sangat terpukul. Hal tersebut dirasakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat di tanah air. Sehingga pemerintah pusat juga meminta kepada sejumlah lembaga pembiayaan agar bisa memberikan keringanan angsuran bagi para nasabahnya yang terdampak. Hal tersebut sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, yang sudah dtindaklanjuti oleh peraturan otoritas jasa keuangan (POJK), hingga himbauan pemerintah daerah.

Lebih lanjut Ketua komisi 2 DPRD Trenggalek, Pranoto menyampaikan, Tujuan pemanggilan sejumlah Bank dan lembaga pembiayaan ini adalah untuk memastikan kebijakan dari masing masing bank terkait keringanan angsuran bagi nasabah yang terdampak pandemi corona. Sehingga bisa diketahui apakah kebijakan dari pemerintah pusat tersebut benar dijalankan atau tidak oleh lembaga pembiayaan di daerah. Perlu diketahui bahwa, kebijakan keringanan ini tertuang dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019. Kebijakan tersebut bisa berbentuk keringanan