Apel hari Santri Tahun 2022, Bupati Trenggalek Apresiasi Kepedulian Santri Tangani Bencana

oleh
oleh
Apel hari Santri Tahun 2022, Bupati Trenggalek Apresiasi Kepedulian Santri Tangani Bencana
Apel hari Santri Tahun 2022, Bupati Trenggalek Apresiasi Kepedulian Santri Tangani Bencana

TRENGGALEK, bioztv.id – Peringatan hari Santri 10 Oktober 2022 di Trenggalek. Bupati apresiasi kepedulian santri dalam membantu penanganan benca di Kabupaten Trenggalek. Artinya santri memiliki peran penting dalam berbagai hal. Bukan hanya dalam urusan keagamaan, namun juga pemerintahan, pendidikan, ekonomi, dan lain sebagainya.

Apel hari santri di Kabupaten Trenggalek ini dilakukan disejumlah lokasi, mulai yang dilaksanakan di tingkat kecamatan hingga yang digelar tingkat Kabupaten. Pelaksanaan apel ditingkat kabupaten dilakukan di GOR Gajah Putih Trenggalek. Menurut Bupati Trenggalek, meskipun saat ini suasananya masih diselimuti keprihatinan akibat musibah bencana alam banjir dan tanah longsor, namun peringatan Hari Santri di Kabupaten Trenggalek tetap bisa dilaksanakan dengan penuh khidmat.

Dalam pidatonya, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Saat ini banyak santri yang berjihad menyelamatkan nyawa, menyelamatkan ruang hidup bagi Trenggalek, berjihad memajukan ekonomi di tingkat keluarga dan lains ebagainya. Ia turut berdoa  semoga Allah Ridha dan selalu membantu kita semua. Selain itu, ia juga mengucapkan terimakasih kepada santri yang telah turun langsung bahu membahu membantu masyarakat Trenggalek yang sedang dilanda kesusahan.

Mas Ipin juga menambahkan, Peringatan Hari Santri tahun 2022 ini mengambil tema “Santri Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. Penetapan 22 Oktober sebagai hari santri ini merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Selanjutnya, Resolusi Jihad itu melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang ┬ádiperingati sebagai Hari Pahlawan.

Hits: 52