Beranda NEWS MOMENT Tagih Janji, Warga Terdampak Bendungan Bagong Demo Bupati Trenggalek

Tagih Janji, Warga Terdampak Bendungan Bagong Demo Bupati Trenggalek

348

TRENGGALEK, bioztv.id – Nominal ganti rugi dinilai jauh dari kata layak, sejumlah warga terdampak Bendungan Bagong kembali turun jalan demo Kantor Bupati Trenggalek. Pasalnya, warga menilai nominal harga yang diberikan pemerintah tidak bisa untuk membeli lahan baru ditempat lain, yang seluas dan sepotensi lahan warga saat ini.

Dalam aksi demo di depan Pendopo Manggala Praja Nugraha pada 25 November 2021 ini, warga meminta Pemerintah mampu memenuhi 5 tuntutan warga. Kelima Tuntutan itu meliputi, 1, warga meminta pembebasan lahan dsegera diselesaikan engan harga layak dan manusiawi. 2, Warga juga meminta pertanggung jawaban bupati atas penyataan pemerintah dengan skema ganti untung. 3, Warga jugs menuntut pemerintah daerah agar memberikan hasil pengajuan warga terkait tukar menukar kawasan hutan, untuk pemukiman kembali, termasuk fasilitas sosial, fasilitas umum, dan makam.

Koordinator Aksi, Agung Susilo menyampaikan, Saat menjelang proses pembebasan lahan, warga mau menandatangani pembebasan karena tergiur dengan pernyataan bupati yang menyampaikan nominal ganti untung akan 3 kali lipat lebih tinggi dari ganti rugi bendungan Tugu. Sementara itu kenyataannya, gantu rugi Bendungan bagong justru dianggap warga jauh dari kata layak.

Agung juga menambahkan, Tuntutan keempat adalah, Warga meminta agar pembangunan bendungan Tugu memprioritaskan sumber daya warga terdampak, mulai proses pelaksanaan pembangunan, hingga pasca pelaksanaan pembangunan. Tuntutan Kelima, warga meminta agar Pemerintah memberikan rasa aman dan nyaman, serta jaminan sosial kepada warga sekitar atas polusi akibat pelaksanaan pembangunan Bendungan Bagong.