Beranda NEWS MOMENT Penanganan ODGJ di Trenggalek, Pansus 3 Kupas Ranperda Tentang Penyelenggaran Kesehatan Jiwa

Penanganan ODGJ di Trenggalek, Pansus 3 Kupas Ranperda Tentang Penyelenggaran Kesehatan Jiwa

181

TRENGGALEK, bioztv.id – Maksimalkan proses penanganan terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Trenggalek, Pansus 3 DPRD mulai kebut pembahasan ranperda tentang penyelenggaran kesehatan jiwa. Sehingga kedepannya pemerintah daerah bisa memiliki payung hukum tersendiri dalam proses penanganan ODGJ.

Menurut keterangan Ketua Pansus 3 DPRD Trenggalek, Ranperda tentang penyelenggaraan kesehatan jiwa ini merupakan salah satu ranperda inisiatif DPRD. Ranperda ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap seluruh masyarakat khususnya para ODGJ. Sementara itu untuk proses pembahsannya, saat ini pansus 3 juga sudah bekerjasama dengan tim asistensi pemerintah daerah untuk merumuskan pasal per-pasal dari ranperda tersebut.

Lebih lanjut ketua Pansus 3 DPRD Trenggalek, Mugianto menyampaikan, sebagai wujud dukungan terhadap pelaksanaan ranperda ini, pihaknya berharap kedepannya ada keterpihakan pemerintah daerah untuk membangunkan rumah sakit jiwa (RSJ) di Trenggalek. Sehingga pelayanan terhadap ODGJ bisa lebih  maksimal, dan tidak perlu lagi merujuk ODGJ ke RSJ yang ada diluar daerah.

Mugianto juga menambahkan, Secara keseluruhan ranperda tentang penyelenggaraan kesehatan jiwa ada 87 pasal, sedangkan yang sudah dibahas sudah ada 53 pasal. Pihaknya menargetkan ranperda ini bisa tuntas pada akhir tahun 2021. Sehingga bisa segera ditindaklanjuti dengan peraturan bupati guna proses penerapan dilapangan.