Beranda NEWS MOMENT DPRD Trenggalek, Perubahan Refokusing Anggaran Covid-19 Tahun 2021 Direncanakan 105 M

DPRD Trenggalek, Perubahan Refokusing Anggaran Covid-19 Tahun 2021 Direncanakan 105 M

263

TRENGGALEK, bioztv.id – Rencana refokusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19 tahun 2021, DPRD Trenggalek rencanakan sebesar 105 Miliar rupiah. Pasalnya, sesuai surat edaran dari pemerintah  pusat, nominal refokusing anggaran sebesar 8% dari dana alokasi umum (DAU). Saat ini prosesnya masih tahap rasionalisai di masing masing OPD.

Berdasarkan  keterangan Ketua DPRD Trenggalek, untuk menekan kasus penularan Covid-19 dan pemulihan ekonomi pasca Pandemi, dibutuhkan kerjasama semua pihak, mulai dari pemerintah, aparat, hingga masyarakat luas. Semua pihak harus saling mendukung. Untuk memenuhi kebutuhan anggaran penanganan Pandemi ini, dalam waktu dekat pemerintah daerah bersama DPRD juga akan lakukan refokusing anggaran.

Lebih lanjut Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam menjelaskan, untuk proses refokusing itu, pihaknya baru saja mengundang badan keuangan daerah (Bakeuda) Sekrataris daerah. Sesuai ketentuan yang ada, anggaran yang dibutuhkan dipekrirakan cukup besar, yaitu 8% dari DAU, atau sekitar 105 Miliar Rupiah.

Samsul juga menjelaskan, saat ini sejumlah OPD juga masih mematangkan rasionalisasi anggaran yang akan di refokusing ini.  Selanjutnya, akan dilakukan komunikasi dengan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). Sehingga proses refokusing bisa segera dilakukan, dan penanganan pandemi Covid-19 bisa lebih dimaksimalkan.