Beranda NEWS MOMENT Polemik Tambang Emas Di Trenggalek, DPRD Trenggalek Akan Kaji Kesesuain Ijin Dengan...

Polemik Tambang Emas Di Trenggalek, DPRD Trenggalek Akan Kaji Kesesuain Ijin Dengan Perda

823

TRENGGALEK, bioztv.id – Tanggapi hangatnya isu ijin tambang, DPRD Trenggalek akan kaji lebih antara kesesuain Ijin dengan peratutan daerah (Perda) yang ada. Pasalnya, ijin eksploitasi itu juga harus disesuaikan dengan rancana tata ruang wilayah (RTRW), sementara itu Perda RTRW Kabupaten Trenggalek saat ini sudah diperbarui.

Menurut keterangan Katua DPRD Trenggalek, untuk menyikapi kabar turun ijin tambang emas di Trenggalek, pihaknya akan segera membahas permasalahan ini dengan stake holder taerkait. Terlebih, saat ini banyak kalangan masyarakat yang menolak keberadaan kabar ijin eksploitasi tambang emas itu, baik dari kalangan masyarakat sipil, maupun sejumlah organisasi masyarakat (Ormas).

Lebih lanjut Ketua DPRD Trenggalek, Samsul anam menjelaskan, Ijin tambang yang dikabarkan sudah turun itu nantinya akan dibahas lebih lanjut dan disinkronkan dengan Perda RTRW yang ada. Namun saat ini Perubahan perda RTRW Trenggalek yang baru masih dalam tahap evaluasi.

Sebelumnya diketahui bahwa, Sesuai keterangan Bupati, bahwa transformasi ekonomi di Kabupaten Trenggalek harus berbasis sumber daya hayati yang terbarukan. Sementara itu terkait adanya salah satu perusahaan yang mengantongi ijin penambangan emas itu, meskipun sudah mengantongi izin eksploitasi, tetapi di situ masih ada kawasan hutan lindung, sehingga harus tetap dipertahankan menjadi kawasan bentang alam karst, selain itu daerah sekitarnya juga harus dipertahankan menjadi kawasan ekosistem karst