Beranda NEWS MOMENT Pansus II, Harga Aset Yang Tertulis Dilaporan Keuangan BPR BPS Trenggalek Dinilai...

Pansus II, Harga Aset Yang Tertulis Dilaporan Keuangan BPR BPS Trenggalek Dinilai Lebih Murah

243

TRENGGALEK, bioztv.id – Nilai aset BPR Bangkit Prima Sejahtera (BPS) yang disampaikan ke Pansus 2 DPRD Trenggalek dinilai lebih murah jika dibandingkan dengan kondisi terkini. Pasalnya, letak lokasi bangunan berada dilokasi strategis yang nilainya bisa terus bertambah, sementara itu penulisan asetnya masih mengacu pada saat awal perolehan.  

Menurut keterangan Ketua Pansus 2 DPRD Trenggalek, sesuai laporan BPR BPS yang disampaikan ke pansus 2, nilai aset yang berupa tanah dan bangunan sebesar 74 Juta rupiah. Nilai itu dinilai lebih murah jika dibandingkan dengan harga pasar saat ini. Namun laporan yang disampaikan itu kondisi sebelum dilakukan audit eksternal, dan bisa saja berubah saat nanti sudah dilakukan audit.

Sementara itu Kabid Akuntansi Bakeuda Kabupaten Trenggalek, Toni Widiantoro, menyampaikan, jika dihitung berdasarkan harga pasar saat ini, nilai aset tersebut memang sudah tidak sesuai. Sedangkan terkait wajar atau tidak wajarnya pencatatan nilai aset, nanti pihak auditor yang akan menentukannya.

Perlu diketahui bahwa,  mengacu perda pendiriannya, BPR BPS memiliki aset sekitar 2,4 Miliar rupiah saat didirikan. Namun seiring berjalannya waktu aset tersebut tidak bisa berkembang dan justru terus berkurang, akibatnya BPR Bangkit Prima Sejahtera (BPS) mengalami devisit. Dari laporan sementara,  aset BPR BPS  per 31 desember 2020 hanya tersisa sekitar 472 juta rupiah. Karena BPR ini tidak mungkin lagi untuk dikembangkan, akhirnya harus digabungkan dengan BPR yang kondisinya sehat dan berkembang, yaitu BPR Jwalita.