Beranda Advetorial Maksimalkan Ternak Sapi Di Trenggalek, Mas Ipin Ingin Kembangkan Sistem Peternakan Paripurna

Maksimalkan Ternak Sapi Di Trenggalek, Mas Ipin Ingin Kembangkan Sistem Peternakan Paripurna

207

TRENGGALEK, bioztv.id – Maksimakan hasil ternak sapi di Kabupaten Trenggalek, Calon Bupati Trenggalek petahana nomor urut 2, ingin terapkan sistem peternakan yang paripurna. Yaitu sistem peternakan yang tidak hanya parsial di rumah-rumah, namun sistem peternakan komunal dengan kolaborasi dan pendampingan dari berbagai pihak.

Mengacu keterangan calon bupati petahana, Mochamad Nur Arifin atau Mas Ipin, Saat ini Kabupaten Trenggalek sebenarnya sudah memiliki beberapa desa sentra peternakan sapi. Namun, kebanyakan masih bekerja secara individu. Salah satu contohnya, yakni peternakan sapi perah di beberapa desa di Kecamatan Bendungan. Sementara itu salah satu kelompok di Trenggalek yang sudah menerapkan peternakan komunal adalah kelompok ternak “Mandiri Jati Bersemi”, yang ada di Desa Jati, Kecamatan Karangan.

Lebih lanjut, Calon Bupati Trenggalek Nomor Urut 2, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Pola yang sudah dilakukan oleh kelompok ternak “Mandiri Jati Bersemi”, dengan sistem pendampingan dari pihak swasta dan pemerintah ini dinilai layak dijadikan percontohan. Pihaknya ingin menerapkan sistem peternakan paripurna. Yaitu tidak hanya parsial di rumah-rumah, namun peternakan dengan kandang komunal yang lebih efektif. Sehingga bisa memudahkan pendampingan dan pengecekan kualitas. Serta meminimalisir terjadinya human error.

Mas Ipin juga menambahkan, peternakan sapi potong oelh kelompok ternak “Mandiri Jati Bersemi”, bisa berjalan maksimal sebab adanya kolaborasi berbagai pihak. Yakni warga, pemerintah, dan pihak swasata. Pihak swastanya mengelola dana dari lembaga amil zakat yang mereka digunakan untuk pemberdayaan. Sementara itu pemerintah, memastikan sapi potong yang diternakkan terserap pasar. Caranya, pemerintah daerah menghubungkan kelompok peternakan itu dengan Rumah Potong Hewan (RPH) yang ada.