Beranda NEWS MOMENT Aktivis di Trenggalek Sebut Omnibus Law UU Ciptaker Cacat Prosedur & Manjakan...

Aktivis di Trenggalek Sebut Omnibus Law UU Ciptaker Cacat Prosedur & Manjakan Investor

146

TRENGGALEK, bioztv.id – Tolak omnibus Law undang undang cipta lapangan kerja, sejumlah aktivis yang tergabung dalam aliansi rakyat Trenggalek (ART) sebut penysunannya cacat prosedur.  Selain itu, Omnibus Law tersbeut juga dinilai manjakan investor, menekan upah buruh, dan berpotensi merusak lingkungan hidup.

Penolakan Omnibus Law UU Cptaker ini dilakukan ART dalam hearing di Gedung DPRD Trenggalek pada 15 Oktober siang hari. Dalam aksinya ini, mereka milih tidak menggelar aksi dijalanan, tapi langsung menyampaikan aspirasinya ke DPRD Trenggalek. Menurut ART, keberadaan Omnibus Law itu tidak menguntungkan rakyat sama sekali, khususnya masyarakat Trenggalek, dan umumnya seluruh rakyat Indonesia.

Salah satu perwakilan ART, Suripto menyampaikan, dalam proses penyusunannya, Omnibus Law UU Ciptaker itu dinilai cacat prosedur, karena tidak memenuhi kaidah penyusunan sesuai UU Nomo12 Tahun 2011. Selain itu, poin point dari Omnibus Law itu juga dinilai hanya akan memanjaka Investor, Menekan upah buruh, dan Justru berpotensi merusak lingkungan.

Dalam aksinya ini, selain menolak Omnibus Law UU Ciptaker, ART juga soroti rancana perubahan RTRW Kabupaten Trenggalek, khususnya terkait luasan lahan Karst di Trenggalek. Mereka khawatir jika pada perubahan RTRW nanti jumlah luasan lahan Karst dikurangi dan berpotensi memuluskan ekploitasi tambang emas di Trenggalek.