Beranda NEWS DPRD Trenggalek, Merujuk Perpres 33 Tahun 2020, Biaya Perjalanan Dinas Akan Dikurangi

DPRD Trenggalek, Merujuk Perpres 33 Tahun 2020, Biaya Perjalanan Dinas Akan Dikurangi

190

TRENGGALEK, bioztv.id – Rencana kerja DPRD Trenggalek tahun 2021 resmi disahkan dalam rapat paripurna intern, sejumlah rencana pembiayaan masih menjadi perdebatan, pasalnya, merujuk Perpres Nomor 33 Tahun 2020 ada standar baru untuk satuan harga termasuk biaya perjalanan dinas.

Mengacu Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2020 tentang Standar Harga Satuan Regional. Standar harga ini digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah. Standar harga tersebut meliputi satuan biaya honorarium, satuan biaya perjalanan dinas dalam negeri, satuan biaya rapatlpertemuan di dalam dan di luar kantor, satuan biaya pengadaan kendaraan dinas, dan  satuan biaya pemeliharaan.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam menyampaikan, jika merujuk Perpres 33 tahun 2020 dan Permendagri Nomor 90, maka aka nada peneysuain biaya perjalanan dinas, yaitu biaya perjalanan dinas akan berkurang, selain itu perjalanan dinas yang bias dibiayai negara hanya perjalanan yang memakan waktu minimal 8 jam.

Samsul Anam juga menambahkan, standarisasi harga ini tidak hanya berlaku untuk legislatif saja, namun akan berlaku untuk eksekutif. Meski demikian untuk saat ini DPRD masih menggunakan acuan standart lama dan menunggu perkembangan dari Perpres tersebut.