Beranda NEWS Dorong Segitiga Emas Trenggalek, Komisi III DPRD Tekankan Fokus Perencanaan Ke...

Dorong Segitiga Emas Trenggalek, Komisi III DPRD Tekankan Fokus Perencanaan Ke 3 Kecamatan

135

TRENGGALEK, bioztv.id – Dorong terwujunya segitiga emas sebagai pusat pengembangan kecamatan di Kabupaten Trenggalek, komisi 3 DPRD Trenggalek dorong OPD fokuskan perencanan pembangunan di tiga Kecamatan, yaitu Kecamatan Munjungan, Kecamatan Watulimo dan Kecamatan Kampak.

Sesuai ranperda perubahan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Trenggalek, kedepannya direncanakan akan dibentuk kawasan segitiga emas, yaitu kawasan strategis pengembangan ekonomi dengan pusat pengembangan di Kecamatan Kampak. Pasalnya, Kecamatan Kampak dinilai sebagai daerah paling strategis diantara Kecamatan Munjungan dan Kecamatan Watulimo, yang nantinya akan dilintasi jalur lintas selatan (JLS) maupn disinggahi kapal pelayaran perintis.

Ketua Komisi 3 DPRD Trenggalek, Sukarudin menyampaikan, Pengembangan kawasan segitiga emas tersebut dimaksudkan agar saat nanti JLS sudah jadi, dan Pelabuhan juga sudah beroprasi, warga Trenggalek tidak hanya menjadi penonton saja, tapi justru bisa memanfaatkannya sebagai pendongkrak perekonomian warga. Sehingga aktivitas perekonomian tidak lari ke-luar kota, tapi justru bisa berpusat di Kecamatan Kampak.

Komisi 3 Juga menambahkan, Untuk mendorong terwujudnya  kawasan segitiga emas tersebut, akses transportasi antar kecamatan juga harus segera diperbaikai. Seperti halnya akses transportasi yang menghubungkan antar Kecamatan Kampak dan Kecamatan Watulimo. Pada perencanan APBD perubahan ini, rencananya  akses jalan ruas Kampak-Watulimo juga akan mulai dikerjakan. Selain itu Komisi 3 juga menekankan agar semua OPD bisa mengarahkan perencanaan kegiatannya untuk mendukung terwujudnya segitiga emas ini.