Beranda NEWS MOMENT Lindungi Konsumen, Komisi 1 Tekankan Pemkab Trenggalek Tertibkan Penjualan Barang Tidak...

Lindungi Konsumen, Komisi 1 Tekankan Pemkab Trenggalek Tertibkan Penjualan Barang Tidak ber-SNI

145

TRENGGALEK, bioztv.id – Maksimalkan perlindungan terhadap konsumen, Komisi 1 DPRD Trenggalek tekankan pemerintah daerah tertibkan penjualan atau peredaran barang barang kebutuhan masyarakat tidak ber-SNI yang masih dijual bebas dipasaran, seperti halnya material bangunan dan barang barang yang lain.

Berdasarkan hasil evaluasi komisi 1 DPRD Trenggalek terhadap dinas koperasi, usaha mikro dan perdagangan (Diskomindag), pihaknya menyoroti adanya upaya perlindungan konsumen yang belum dilaksanakan secara maksimal. Sepertihalnya penertiban peredaran atau penjualan barang barang kebutuhan masyarakat yang tidak ber-SNI. Contohnya material bangunan sepertihalnya besi yang tidak ber-SNI

Lebih lanjut ketua komisi 1 DPRD Trenggalek, Mochamad Husni Tahir Hamid menyampaikan, hingga saat ini pemerintah daerah belum melakukan penertiban terhadap penjualan barang barang yang tidak ber-SNI tersebut, pasalnya, hal tersebut bisa menjadi salah satu upaya pemerintah dalam proses perlindungan konsumen. Sementara itu, akibat masih beredarnya barang yang tidak sesuai dengan SNI tersebut, juga akan berdampak terhadap kualitas bangunan.

Husni juga menambahkan, penegakan perlindungan konsumen merupakan salah satu kewajiban pemerintah dalam melindungi rakyatnya. Sehingga Komisi 1 menekankan agar pemerintah daerah melalui diskomindag segera memaksimalkan upaya perlindungan konsumen tersebut.