Beranda NEWS Terima Keluhan Pengrajin Genteng Trenggalek, Syah Natanegara Tawarkan Solusi Gotong Royong

Terima Keluhan Pengrajin Genteng Trenggalek, Syah Natanegara Tawarkan Solusi Gotong Royong

294
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id – Terima keluhan dari pengrajin genteng di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trengalek, terkait anjloknya harga dan menurunnya minat pembeli genteng, Anggota Fraksi PKB DPRD Trenggalek, Syah M Natanegara tawarkan solusi pemasaran dengan sistem gotong royong.

Saat melakukan kunjungan di kawasan sentra industri genteng yang ada di Kecamatan Durenan, Bakal Calon Wakil Bupati pendamping Mochamad Nur Arifin, yang diusung oleh PDI Perjuangan Kabupaten Trenggalek ini mengaku, permasalahan pengrajin genteng yang mengeluh terkait menurunnya jumlah pembeli ini dinilai sebagai permasalahan klasik, Pasalnya, selama ini sistem pemasaran dan produksinya masih terbilang sederhana. Sehingga pemasarannya juga  belum bisa maksimal.

Lebih lanjut Syah M Natanegara menjelaskan, untuk mengurai kendala pemasaran indutri genteng ini pihaknya akan mengusulkan adanya koperasi bagi pengrajin genteng,  atau memaksimalkan badan usaha milik desa (BUMDes) sebagai wadah para perajin genteng, maupun sistem pemasaran lain dengan sistem gotong royong. Meski demikian, untuk memastikan langkah tersebut, pihaknya juga akan berdiskusi secara intens dengan para pengusaha genteng lain yang ada di Trenggalek.

Sebelumnya diketahui bahwa, terdampak pandemi corona yang melanda tanah air, pengrajin genteng di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek keluhkan menurunnya konsumen dan anjloknya harga.  Terlebih, selama ini mereka juga masih menerapkan sistem pemasaran era terdahulu, yaitu hanya menunggu pemesan yang datang ke lokasi.