Beranda NEWS MOMENT Riwayat Pasien 33 Trenggalek, Sebelum DInyatakan Positif Pernah Bekerja Di Ambon Maluku

Riwayat Pasien 33 Trenggalek, Sebelum DInyatakan Positif Pernah Bekerja Di Ambon Maluku

247

TRENGGALEK, bioztv.id – Pasien positif corona ke 33 di Kabupaten Trenggalek, yang merupakan laki-laki usia 50 tahun dari Desa Sukorejo Kecamatan Tugu, ternyata memiliki riwayat perjalanan dari Ambon, Provinsi Maluku. Selain itu pihaknya juga bekerja di salah satu Pabrik Tahu yang ada disana.

Berdasarkan riwayat perjalanannya, Pada 19 Juni 2020, Pasien 33 berencana pulang ke Kabupaten Trenggalek dan melakukan rapid tes mandiri di kota Ambon dengan hasil non reaktif dan pada 20 Juni 2020 pulang dari Ambon dengan naik pesawat menuju bandara di Surabaya. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Trenggalek dengan naik travel bersama 7 orang lainnya, yaitu 6 orang dari Kecamatan Tugu dan 1 orang dari Kecamatan Karangan. Selanjutnya pada 21 Juni, tim Puskesmas Tugu bersama Satgas Desa Sukorejo melakukan pemeriksaan di rumah Pasien.  Pada 1 Juli pasien 33 menjalani rapid tes dengan hasil reaktif, dan selanjutnya pasien melakukan isolasi mandiri.

Dalam Pers Rilisnya, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Trenggalek, dr.Murti Rukiyandari menyampaikan, pada 3 Juli, Pasien 33 dibawa ke rumah sakit untuk pengambilan swab test, kemudian pada 8 Juli 2020 hasil swab keluar, dan menunjukkan bahw yang bersangkutan terkonfirmasi positif covid-19.

Dari hasil Tracing yang dilakukan oleh Puskesmas Tugu, dan Satgas Desa ditemukan 6 orang kontak erat yang terdiri dari istri, 1 orang anak, ibu, kakak dan 2 orang keponakan yang  telah dilakukan pemeriksaan rapid tes dengan hasil semuanya non reaktif. Berdasarkan hasil tracing,Tim Gugus Tugas juga menyimpulkan bahwa Pasien 33 diduga terpapar viruscorona saat perjalanan dari Kota Ambon menuju Trenggalek.