Beranda NEWS MOMENT Lanjutan Penemuan Patung Siwa Di Trenggalek, Disbudpar Jatim Baru Lakukan Penelitian Awal

Lanjutan Penemuan Patung Siwa Di Trenggalek, Disbudpar Jatim Baru Lakukan Penelitian Awal

551

TRENGGALEK, bioztv.id – Kelanjutan penelitian penemuan arca yang diduga benda cagar budaya peninggalan zaman Kerajaan Majapahit di Desa Gondang,  Kecamatan Tugu masih belum jelas. pasalnya,  Dinas Kebudayaan,  Dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur (Jatim), hingga saat ini belum bisa memastikan kapan tindak lanjut  penelitian akan dilakukan.

Berdasarkan keterangan pihak Disbudpar Jawa Timur, dari hasil penelitian awal diketahui bahwa,  dugaan sementara di daerah tersebut dulunya ada bangunan candi yang digunakan pemujaan masyarakat setempat zaman lampau. itu diperkuat,  dengan beberapa temuan batu bata besar yang diduga sebagai pondasi bangunan pada masa lampau,  dan juga letak bangunan yang memiliki ciri-ciri pada kebanyakan candi pada umumnya.

Menanggapi hal ini Kabid cagar budaya dan sejarah,  Disbudpar Provinsi Jatim , Endang Prasanti menerangkan, salah satu ciri sekeliling Kawasan bangunan candi adalah terdapat genangan air,  atau sungai. Sementara itu dilokasi tersebut juga terdapat sungai yang tidak jauh dari lokasi penemuan patung.

Disbudpar Jatim juga menambahkan, untuk proses lanjutan penelitian pihaknya masih akan bekoordinasi dengan balai pelestarian benda cagar budaya (BPCB) Jatim,  serta balai arkeologi (BALAR)  Yogyakarta,  untuk melakukan penelitian lanjutan. Pasalnya pihak Disparbud Provinsi hanya memiliki wewenang untuk melakukan penelitian awal diatas tanah saja, dan tidak boleh melakukan