Beranda NEWS MOMENT Petani Di Trenggalek Ubah Bakteri & Kotoran Kambing Menjadi Pupuk Organic Cair...

Petani Di Trenggalek Ubah Bakteri & Kotoran Kambing Menjadi Pupuk Organic Cair (POC)

1036

TRENGGALEK, bioztv.id – Ciptakan terobosan baru dalam memenuhi kebutuhan pupuk organic, Petani di Trenggalek  manfaatkan kotoran kambing dan sejumlah bakteri menjadi bahan baku untuk membuat Pupuk Organic Cair (POC). Dengan pupuk yang dibuat tersebut terbukti mampu meningkatkan hasil panen dan menangkal serangan hama.

Dalam proses pembuatan Pupuk organik Cair (POC) yang dilakukan petani Trenggalek ini, seluruhnya menggunakan bahan-bahan organic dan tidak ada campuran bahan kimia sama sekali. Mulai dari kotoran kambing, bonggol pisang, karbon, bekatul dan 16 jenis bakteri yang digunakan untuk fermentasi, yang dilakukan selama 35 hari untuk sekali produksi. Sedangkan untuk sekali produksi biasanya mampu menghasilkan sekitar 7.000 Liter Pupuk Cair.

Menanggapi pupuk yang dihasilkannya ini, pendiri rumah produksi pupuk organik cair yang ada di Desa Pogalan, Kecamatan Pogalan, Slamet Gunaji, menerangkan, Berdasarkan uji coba yang dilakukan selama setahun terakhir di beberapa demplot persawahan yang ada di Trenggalek, semua hasilnya mengalami peningkatan. Dari sebelumnya itu hanya menghasilkan sekitar 5 sampai 6 ton per-hektare, setelah memakai pupuk cair buatannya tersebut mampu meningkat hingga tujuh ton, bahkan lebih.

Sebelumnya diketahui bahwa pendirian rumah produksi Pupuk Cair oleh Petani di Kecamatan Pogalan ini dilakukan warga dengan mandiri, namun dalam proses produksinya selalu mendapat pendampingan langsung dari mentor yang sekaligus pemilik hak paten dari salah satu bakteri yang digunakan untuk membuat pupuk cair tersebut.