Beranda NEWS “Tradisi Unik”.. Petani Di Trenggalek Usir Hama Dengan Ritual “Ider Ider”

“Tradisi Unik”.. Petani Di Trenggalek Usir Hama Dengan Ritual “Ider Ider”

bioz.tv - "Tradisi Unik".. Petani Di Trenggalek Usir Hama Dengan Ritual "Ider Ider"

402
BERBAGI

TRENGGALEK, bioz.tv – Ada Cara unik untuk mengusir hama, Seperti yang dilakukan oleh Petani yang ada di Desa Pogalan Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur ini, Selain memanfatkan Pestisida hayati, Petani di Trenggalek ini usir hama wereng dengan ritual khusus, yang dikenaldengan tradisi ide rider.

Ritual ider ider merupakan ritual yang digelar oleh petani Asal Desa Pogalan, yang dilakukan pasca  panen raya menjelang musim tanam padi, Pada ritual ini petani berdoa kepada tuhan yang maha esa, agar tanaman padinya terbebas dari serangan hama, dan hasil panennya melimpah. Selain itu, Ritual ider  ider ini merupakan sebagai salah satu wujud  syukur para petani atas panen yang didapatkan. Dengan menggelar Ritual ider ider ini, warga setempat percaya bahwa ritual ini mampu membantu menangkal serangan hama pada padi mereka, dan mampu meningkatkan hasil panen yang lebih baik.

Ada beberapa perlengkapan sesaji yang digunakan untuk ritual ider ider ini, Diantaranya Ada Jerami, Ayam Lodho, Nasi Gurih, Jenang Merah, Telur Ayam, dan beberapa perlengkapan ritual lain. Ritual ider ider ini dilakukan dengan cara mengelilingi area persawahan dengan membawa jerami yang di bakar, kemudian di setiap sudut sawah, ditanam telur ayam mentah, yang diatasnya dibakarkan jerami, sambil dibacakan mantra mantra khusus oleh sang pawang, atau sesepuh desa setempat.  Setelah selesai melakukan ritual ider ider ini, seluruh petani melakukan makan bersama dengan lauk ayam lodho yang telah disiapkan.  https://youtu.be/ojxWpShAQns