Beranda NEWS MOMENT Korban Bencana Retakan Tanah Parakan, Pertahankan Tempat Tinggalnya

Korban Bencana Retakan Tanah Parakan, Pertahankan Tempat Tinggalnya

753

TRENGGALEK – bioz.tv – Bencana Pergerakan Tanah, Yang menerjang sebagian wilayah yang ada di desa Parakan Kecamatan Trenggalek, Hingga saat ini sudah berkurang, Kondisi tanah diketahui juga sudah mulai lebih stabil dari sebelumnya. Sejumlah warga juga enggan untuk pindah tempat dan memilih tetap tinggal dikawasan ini.

Perkembangan kondisi pergerakan tanah yang terjadi di Dusun Jelok Desa Parakan, Sejak akhir bulan desember 2016 kemarin, diketahui sudah mulai reda, pasalnya meski hujan terus terusan mengguyur kawasan ini, namun kondisi tanah sudah tidak lagi bergerak. Sehingga warga yang terdampak bencana di kawasan ini memilih untuk kembali menempati rumah mereka.

Warga setempat mengaku, saat ini warga yang terdampak sudah meninggalkan pengungsian dan kembali menempati rumahnya masing masing, namun bagi sebagian warga yang rumahnya rusak parah dan tidak memungkin untuk di tempati, mereka memilih tinggal di kontrakan. Meski demikian saat cuaca dirasa mengkhawatirkan, warga siap siaga dan memilih lari ke pengungsian, Setela cuaca membaik, mereka juga langsung kembali ke rumah masing masing.

Sementara itu ahli geologi yang melakukan penelitian di kawasan ini menerangkan, Kondisi tanah sebenarnya sudah mulai stabil dan masih bisa di tempati, meski demikian, untuk bangunan di kawasan ini harus dilakukan penguatan kedalam, yaitu dilakukan penguatan pada Pondasi, agar rumah warga lebih kuat dan tidak terlalu mengkhawatiirkan.

Mengingat kondisi tanah sudah stabil sejak akhir 2016 lalu, DI tambah dengan meakukan berbagai upaya pencegahan retakan susulan, serta penguatan struktur bangunan rumah warga, Diharapkan bencana retakan tanah ini bisa diminimalisir, dan keselamatan warga bisa lebih terjamin.

https://youtu.be/_xwuq6se4z0