Beranda Advetorial Bareng Emak Emak, Mas Ipin Beberkan Program 5.000 Wirausaha Baru Mayoritas Untuk...

Bareng Emak Emak, Mas Ipin Beberkan Program 5.000 Wirausaha Baru Mayoritas Untuk Perempuan Trenggalek

220

TRENGGALEK, bioztv.id – Dorong warga kreatif dan berdaya saing, calon bupati Trenggalek nomor urut dua, Mochamad Nur Arifin inisiasi program 5.000 wirausaha baru di Treggalek. Kuota 5 ribu wirausahawan itu mayoritas akan diperuntukkan bagi perempuan. Sebagian lainnya juga diperuntukkan bagi mereka di bawah usia 40 tahun.

Menurut keterangan Calon bupati Trenggalek, perempuan atau ibu-ibu menjadi salah salah satu fokus target pengembangan sektor ekonomi. Dalam jangka panjang, Mas Ipin menargetkan adanya peningkatan sumber daya manusia di Kabupaten Trenggalek. Target itu bisa dicapai dengan mempersiapkan anak-anak agar memperoleh asupan dan pendidikan yang baik. Untuk mempersiapkan anak dengan asupan gizi dan Pendidikan yang baik, itu kuncinya ada pada ibu mereka, sehingga perempuan juga harus berdaya secara ekonomi melalui wirausaha yang ia tekuni.

Lebih lanjut Calon Bupati Trengalek, Mochamad Nur Arifin menjelaskan, Dengan menjadi wirausahawan, para perempuan diyakini akan mampu memperbaiki ekonomi keluarga. Ujungnya, mereka bisa meningkatkan sumber daya manusia dalam jangka panjang. Untuk mencapai rencana itu, Mas Ipin mengaku telah menjajaki kerja sama dengan salah satu startup yang berfokus pada wirausahawan perempuan. Startup itu, akan membantu pemkab dalam pendampingan dan pelatihan para calon wirausahawan pemula.

Untuk mendorong terwujudnya 5.000 wirausaha baru ini, Mas Ipin juga berencana akan mengajak para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), karena mereka dianggap telah berhasil membantu para penerima PKH menjadi mandiri. Selain itu  pihaknya juga akan berkolaborasi dengan beberapa platform peer to peer landing dan penyedia jasa keuangan agar bisa memberikan bunga lunak tanpa anggunan kepada calon wirausahawan. Di sisi lain, dinas terkait juga akan diarahkan untuk menyiapkan segara bentuk kelas dan sarana-prasarana. Seluruh rancangan itu akan mendukung program-program wirausahawan yang lebih dulu berjalan.