Beranda Advetorial Dicurhati Emak Emak Pengrajin Reyeng, Mas Ipin Dorong Agar Dirikan Kelompok

Dicurhati Emak Emak Pengrajin Reyeng, Mas Ipin Dorong Agar Dirikan Kelompok

464

TRENGGALEK, bioztv.id – Dicurhati sejumlah emak emak pengrajin reyeng, atau wadah ikan pindang, Calon bupati Trenggalek petahana, Mochamad Nur Arifin atau Mas Ipin dorong mereka agar dirikan kelompok. Untuk menjaga ketersediaan bahan baku kedepan, Mas Ipin juga berharap agar penanaman bambu juga mulai dilakukan.

Salah satu perwakilan pengrajin reyeng, Fitriyanti menyampaikan, Mengingat selama ini harga reyeng tidak stabil, pihaknya berharap kedepannya harga reyeng ini bisa distabilkan dengan harga diatas 15.000 rupiah per 100 bijinya. Sleain itu pihaknya juga berharap ada kucuran bantuan untuk ibu ibu pengrajin reyeng ini.

Menanggapi curhatan pengrajin reyeng ini, Calon Bupati Trenggalek nomor urut 2 menyampaikan, Mas Ipin menjelaskan, antara reyeng dan pengusaha pindang memang saling berkaitan dan tidak bisa terpisahkan. Saat ini pihaknya sedang menertibakan kondisi limbah di sentra industry pindang. Setelah prosesnya selesai diharapkan nanti kondisi industry pindang bisa stabil dan harga reyeng juga ikut stabil. Sedangkan untuk alokasi bantuan bagi pengrajin reyeng, Mas Ipin mendoorng agar mereka mendirikan Kelompok dan aktif mengajukan bantuan yang diperlukan. Sehingga nanti pemerintah daerah akan lebih mudah untuk menginventarisir kondisi kebutuhan pengrajin reyeng.

Mas Ipin juga mengingatkan, untuk menjaga ketersediaan bahan baku reyeng, yaitu bambu, pihaknya mendorong agar kembali digalakkan penanaman bambu. Dalam kurun beberapa waktu kedepan, pihaknya juga akan mendorong ketersediaan bibit bambu dan penanaman bambu dengan melibatkan LMDH . Terlebih, selian bisa untuk bahan baku reyeng, ada banyak manfaat dari tanaman bamboo, salah satunya bisa menjaga kelestarian sumber air bersih.