Tekuni Ternak Domba, Peternak Millenial di Trenggalek Bisa Raup Untung Hingga Ratusan Juta

oleh
oleh
Tekuni Ternak Domba, Peternak Millenial di Trenggalek Bisa Raup Untung Hingga Ratusan Juta
Tekuni Ternak Domba, Peternak Millenial di Trenggalek Bisa Raup Untung Hingga Ratusan Juta

TRENGGALEK, bioztv.id – Tekuni usaha ternak domba, peternak millenial asal Desa Jambu, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur bisa raup untung hingga ratusan juta rupiah. Peternak yang melabeli usahanya dengan nama “Jambu Berkah Farm” ini tak hanya menyasar pasar lokal saja. Namun sudah mampu tembus pasar luar pulau.

Menurut Owner Jambu Berkah farm, peternakan domba yang ia geluti ini sudah berdiri sejak 2019 lalu. Dalam pengelolaan usaha ini ia tidak sendiri, namun ia juga memberdayakan para pemuda yang ada didesanya. Berdirinya usaha ternak ini, diawali dengan proses penggemukan beberapa ekor domba saja, dengan sasaran pasar lokal dalam kota. Seiring berjalannya waktu, karena permintaan pasar semakin besar akhirnya jumlah ternaknya  juga ditambah. Saat ini jumlahnya lebih dari 100 ekor. Domba hasil ternak ini, selain dijual dalam bentuk hasil penggemukan, juga dijual dalam bentuk kehamilan.

Lebih lanjut Owner Jambu Berkah farm, Bagus menyampaikan, untuk omset per bulan, sementara ini ia belum busa menghitung secara  pasti. Selama ini nilai omsetnya dinilai masih fluktuatif. Artinya terkadang tinggi, terkadang juga rendah. Namun, untuk penjualan domba jika tidak kirim ke luar pulau, rata rata dalam setiap bulannya mampu menjual sekitar 25-30 ekor. Jika dirupiahkan nominalmnya sekitar 30-50 juta.  Baru baru ini ia juga baru saja kirim ke Batam sebanyak 60 ekor domba buntingan. Jika dirupiahkan, 60 ekor tersebut sekitar 100 Jutaan rupiah.

Bagus juga menjelaskan, dalam proses pemasaran hasil ternaknya, ia manfaatkan berbagai cara, mulai cara tradisional dengan menjual langsung ke pasar, menawarkan ke masyarakat umum dan lain sebagainya. Sedangkan untuk memperluas jangkauan pemasaran, peternakan yang ia kelola ini juga aktif disejumlah media sosial. Diantaranya, facebook, Instagram, dan lain sebagainya. Dari media sosial itu akhirnya banyak orang yang tau terkait keberadaan “Jambu Berkah farm”.