LMDH di Trenggalek Digelontor Dana Sharing Getah Pinus 1,2 M Dari Perhutani

oleh
oleh
LMDH di Trenggalek Digelontor Dana Sharing Getah Pinus 1,2 M Dari Perhutani
LMDH di Trenggalek Digelontor Dana Sharing Getah Pinus 1,2 M Dari Perhutani

TRENGGALEK, bioztv.id – Lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) se-Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, dapat kucuran dana sharing hasil penjualan getah pinus sebesar 1,2 Miliar Rupiah. Dana bagi hasil keuntungan penjualan ini diserahkan langsung oleh wakil kepala divisi regional Jawa Timur, di area taman Agro Park Trenggalek.

Mengacu keterangan Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, Penyerahan dana bagi hasil keuntungan penjualan getah pinus Perhutani ini khusus untuk  wilayah KPH kediri, Yakni Kabupaten Tulungagung, Trenggalek, Nganjuk dan Kediri. Namun proses penyerahannya dilakukan serentak di Kabupaten Trenggalek. Total dana sharingnya lebih dari Rp.3 Miliar, namun yang diberikan untuk Trenggalek sebesar Rp. 1,2 miliar. Selanjutnya dana itu langsung dibagikan ke LMDH. Selain penyerahan dana sharing, pada momen ini juga dilakukan diskusi bagaimana agar hutan ini bisa menambah penghasilan namun juga mengurangi resiko bencana.

Sementara itu Wakil Kepala Perhutani Divisi Regional Jatim, Toni Kuspuja juga menjelaskan, pihaknya sangat mendukung opsi-opsi kelestarian lingkungan yang diusulkan oleh Bupati Trenggalek. Intinya Perum Perhutani harus mendukung rencana-rencana pembangunan khususnya yang ada dikawasan hutan. Pihaknya akan terus mensupport apapun perencanaan yang dicanangkan oleh Bupati.

Toni juga menambahkan, salah satu program prioritas Perhutani saat ini adalah percepatan. Yakni percepatan yang berkaitan dengan Pemerintah daerah, masyarakat maupun pihak swasta dalam bidang pariwisata. Khususnya pariwisata yang supporting terhadap agro. Pasalnya, agro yang ber-wawaskan lingkungan, nantinya akan ada skema-skema ekonomi yang melibatkan masyarakat di sekitar desa hutan.