Beranda NEWS BPK Mulai Audit Laporan Keuangan Kabupaten Trenggalek, Begini Tanggapan Wakil Rakyat

BPK Mulai Audit Laporan Keuangan Kabupaten Trenggalek, Begini Tanggapan Wakil Rakyat

359

TRENGGALEK, bioztv.id – Badan pemeriksa keuangan (BPK) Jawa Timur mulai lakukan audit Laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD), DPRD Kabupaten Trenggalek berharap prosesnya bisa berjalan lancar dan sesuai prosedur. Sesuai Jadwal, audit ini sudah dilakukan sejak 2 Februari tahun 2021, hingga 25 Februari mendatang.

Berdasarkan keterangan salah satu wakil ketua DPRD Trenggalek, meski audit BPK terhadap LKPD itu merupakan agenda rutin tahunan, pihaknya berharap kegiatan tersebut bisa berjalan sesuai target dan tidak menemukan problem yang serius. Pasalnya, selain menjadi agenda rutin tahunan, proses audit atau pemeriksaan terhadap laporan keunagan pemerintah daerah itu menjadi sarana evaluasi, untuk mewujudkan penggunaan anggaran pemerintah yang transparan, auntable, dan sesuai petunjuk teknis.

Wakil Ketua DPRD Trenggalek, Agus Cahyono juga menyampaikan, Setelah proses audit BPK ini selesai, pihaknya berharap hasil audit yang dikeluarkan merupakan hasil terbaik untuk Kabupaten Trenggalek.  Ia juga berharap tidak ada temuan temuan negatif, sehingga pelaksanaan APBD Trenggalek pada tahun 2020 lalu, bisa dinyatakan sesuai peraturan yang berlaku.

Perlu diketahui bahwa, pemeriksaan Laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) oleh BPK ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahun. Pemeriksaan ini dilakukan oleh BPK Jawa Timur, sedangkan sasaran pemeriksaannya adalah seluruh laporan kegiatan dari masing masing organisasi pemerintah daerah (OPD) pada pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Trenggalek  tahun 2020.  Setelah proses Audit selesai, nantinya BPK  akan mengeluarkan laoran hasil pemeriksaan (LHP) yang sifatnya harus ditindak lanjuti oleh pmerintah daerah.