Beranda NEWS MOMENT Bencana Banjir & Longsor Rusak Sebagian Kawasan Pantai Simbaronce & Goa Lowo...

Bencana Banjir & Longsor Rusak Sebagian Kawasan Pantai Simbaronce & Goa Lowo Trenggalek

928

TRENGGALEK, bioztv.id – Bencana alam banjir dan tanah longsor rusak sebagian kawasan wisata alam yang dikelola pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Beberapa kawasan wisata alam tersebut adalah Pantai Simbaronce yang ada di Desa Tasikmadu, dan Goa lowo yang ada di Desa Watuagung Kecamatan Watulimo.

Derasnya curah hujan yang mengguyuh Kabupaten Trenggalek selama ebebrapa watu terakhir menyisakan sejumlah bencana banjir dan tanah longsor. Selain merusak sejumlah rumah warga, bencana banjir juga merusak kawasan wisata Pantai SImbaronce. Sementara itu derasnya gerusan aluran sungai juga merusak plengsengan yang ada di kawasan wisata Goa Lowo. Plesengan setinggi 8 meter dengan panjang 25 meter ambrol hingga mengakibatkan 6 kios yang ada di Wisata Guo Lowo bagian dapurnya hilang.

Menanggapi kejadian ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Sunyoto menyampaikan, Ambrolnya plengsengan di kawasan Goa Lowo itu terjadi pada 31 Oktober kemarin. Plengsengan tersebut ambrol setelah sungai yang ada di sana mnegalami banjir cukup besar, dan menggerus plengsengan di sebelah timur kios hingga ambrol.

Sunyoto juga menjelaskan, kejadian ambrolnya plengsengan di kawasan Goa Lowo ini sangat menganggu kondisi disana. Untuk tindak lanjut perbaikan, pihaknya sudah melayangkan surat ke Bupati, dan ditembuskan ke BPBD Kabupaten Trenggalek. Mengingat bencana ini berada di kawasan Destinasi Wisata, Sunyoto juga berharap proses perbaikan plengsengan bisa segera dilakukan.