Beranda Advetorial Mas Ipin Dorong Warga DI Kawasan Padat Penduduk Kembangkan Pertanian Urban Farming

Mas Ipin Dorong Warga DI Kawasan Padat Penduduk Kembangkan Pertanian Urban Farming

152

TRENGGALEK, bioztv.id – Blusukan sambil belanja masalah di kawasan perkotaan, Calon Bupati Trenggalek nomor urut 2, Mochamad Nur Arifin dorong warga yang tinggal di kawasan padat penduduk kembangkan pertanian urban farming. Yaitu dengan menyulap lahan sekitar yang terbatas menjadi tempat berkebun yang produktif.

Menurut calon Bupati Trenggalek nomor urut dua, Mochamad Nur Arifin atau yang akrab disaa Mas Ipin menyampaikan, Urban Farming merupakan salah satu cara bertani yang cocok diterapkan di akwasan padat penduduk. Karena bertani dengan cara ini tidak harus menggunakan hamparan lahan pertanian yang luas, tapi bisa memanfaatkan lahan sekitar dengan sistem pertanian vertikal. Sehingga nantinya lokasi tempat tinggal seperti halnya balkon, atap, lahan pekarangan, pinggir jalan, bahkan tepi sungai bisa dijadikan tempat untuk berkebun.

Lebih lanjut Mas Ipin menjelaskan, untuk kondisi lahan persawahan yang ada di seputaran kota Trenggalek, selama masih berwujud sawah maka tetap akan dikelola oleh petani sekitar. Namun jika seiring perkembangan zaman dan pertumbuhan penduduk, maka akan disesuaikan dengan kondisi terkini. Untuk warga yang tinggal dikawasan padat penduduk seperti halnya di kelurahan Sumber gedong ini, pihaknya mendorong agar warga berinovasi dalam hal pertanian, salah satunya dengan Urban farming.  

Perlu diketahui bahwa, ada banyak manfaat dari  penerapan pertanian urban Farming dikawasan padat penduduk ini. Selain bisa untuk memenuhi kebutuhan sayur ataupaun kebutuhan hasil pertanian lainnya, Urban farming ini juga berpotensi menyehatkan masyarakat dan menciptakan peluang ekonomi baru di perkotaan dari sektor pertanian.