Beranda NEWS MOMENT Longsor & Banjir Rendam Ratusan Rumah Warga & Perkantoran di Munjungan Trenggalek

Longsor & Banjir Rendam Ratusan Rumah Warga & Perkantoran di Munjungan Trenggalek

199

TRENGGALEK, bioztv.id – Bencana tanah longsor dan banjir bandang rendam ratusan rumah warga hingga perkantoran yang ada di Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek.  Selain itu beberapa ruas jalan juga tertimbun material longsor. Sementara itu untuk proses pembersihan harus menunggu bantuan alat berat dari pemerintah daerah. 

Sedikitnya ada 7 Desa di Kecamatan Munjungan yang terdampak bencana Longsor dan banjir pada 27 Oktober ini. Selain menerjang permukiman warga, bencana banjir tersebut juga menggenangi sejumlah kantor pemerintahan. Beberpa diantaranya kantor Kecamatan Munjungan, Rumah dinas Camat, Upt Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil, Sekretariat PPK Munjungan, Kantor Polsek hingga Koramil juga ikut terendam.  Menurut warga, banjir kali ini merupakan banjir terbesar yang pernah terjadi, karena rumah yang biasanya tidak terdampak banjir, kali ini justru ikut terendam. 

Camat Munjungan, Rudianto menyampaikan, Banjir yang terjadi kali ini dipicu oleh hujan deras yang berlangsung selama lebih dari tiga jam , akibatnya sungai bungur yang berada di wilayah munjungan tidak mampu menampung debit air , sehingga meluap ke perkampungan. 

Rudianto juga menambahkan, Pasca perkantoran terendam banjir, sejumlah pegawai Kecamatan juga langsung membersihkan sisa material banjir berupa lumpur dan sampah yang terbawa luapan banjir.  Proses pembersihan material lumpur sisa banjir juga dilakukan oleh warga Dusun Gebyok, Desa Munjungan. limpahan material lumpur setebal 10 sentimeter menumpuk di dalam rumah warga.