Beranda NEWS MOMENT Banjir Bandang di Munjungan Trenggalek Diduga Akibat Tanggul Jebol

Banjir Bandang di Munjungan Trenggalek Diduga Akibat Tanggul Jebol

456

TRENGGALEK, bioztv.id – Banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Munjungan sejak 26 Oktober Hingga 27 Oktober diduga dampak dari jebolnya tanggul yang ada disana. Akibat kejadian ini ratusan rumah warga dan perkantoran terendam banjir sejak malam hingga pagi hari. Sementara itu ketinggian air di kawasan perumahan mencapai 80 CM.

Menurut keterangan warga, kejadian banjir bandang ini berawal saat kawasan Kecamatan Munjungan diguyur hujan sejak Pukul 18.30 WIB, kemudian pada pukul 20.30 banjir mulai meluap dan menggenangi perumahan warga. Banjir di kawasan permukiman ini terjadi hingga pagi hari sekitar pukul 08.30 WIB.

Salah satu warga Kecamatan Munjungan, Komadi menyampaikan, salah satu oenyebab banjir ini diduga karena tanggul jembol, sehingga 90% air dari sungai mengalir ke permukiman warga. Banjir kali ini dinilai sebagai banjir terbesar yang pernah terjadi, karena rumah yang biasanya tidak terdampak banjir, kali ini justru ikut terendam. 

Selain menggenangi ratusan rumah warga, banjir bandang ini juga menggenangi kawasan perkantoran pemerintah. Sejumlah perkantoran yang ikur terendam banjir ini diantaranya kantor Kecamatan Munjungan, Rumah dinas Camat, Upt Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil, Sekretariat PPK Munjungan, Kantor Polsek hingga Koramil juga ikut terendam.