Beranda NEWS Evaluasi Gubernur Turun, Raperda Petani & Jasa Konstruksi Kembali dibahas Pansus II...

Evaluasi Gubernur Turun, Raperda Petani & Jasa Konstruksi Kembali dibahas Pansus II DPRD Trenggalek

65

TRENGGALEK, bioztv.id – Hasil evalusi gubernur jawa timur sudah turun, Pansus 2 DPRD Trenggalek kembali bahas 2 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kedua ranperda tersebut yakni Raperda penyelenggaraan jasa konstruksi dan Ranperda perlindungan serta pemberdayaan petani.

Menurut ketua Pansus 2 DPRD Trenggalek, untuk Raperda perlindungan dan pemberdayaan petani ini bertujuan  agar para petani terlindungi dan diberdayakan. Sehingga nantinya pemerintah daerah harus turut memfasilitasi dalam hal penjualan hasil pertanian dengan harga yang layak. Selain itu juga ada dua poin untuk melindungi petani, termasuk ketersediaan bibit hingga pupuk.

Lebih lanjut ketua Pansus 2 DPRD Trenggalek, Mugianto menyampaikan, untuk pembahasan ranperda jasa Konstruksi kali ini masih di scors, karena masih ada beberapa peraturan yang harus disesuaikan dengan peraturan terbaru yang berlaku saat ini. Beberapa diantaranya seperti proses perpanjangan surat ijin usaha konstruksi (SIUJK), dan beberapa ketentuan lainnya. Misal jangka waktu perpanjangan dan hidup matinya Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK), jika di PP terbaru masa tersebut tidak ada.

Mugianto juga menambahkan, untuk konsultasi lebih lanjut terkait ranperda ini harus lakukan, karena dalam penyusunannya masih perlu banyak saran masukan. Selain itu agar OPD pengampu perda ini secara teknis lebih cermat dan teliti.