Beranda NEWS MOMENT Deal, DPRD Trenggalek Usulkan Wakil Bupati Trenggalek Menjadi Bupati Definitif

Deal, DPRD Trenggalek Usulkan Wakil Bupati Trenggalek Menjadi Bupati Definitif

493

TRENGGALEK, bioztv.id – Menjelang 10 hari pasca kekosongan jabatan Bupati Trenggalek, Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek resmi usulkan Mochamad Nur Arifin menjadi Bupati Definitif, beserta proses pemberhentiannya dari jabatan lamanya sebagai Wakil Bupati Trenggalek.

Rapat paripurna Bersama ungsur Forkopimda, DPRD Kabupaten Trenggalek sahkan Usulan pengangkatan wakil Bupati Trenggalek menjadi Bupati Trenggalek melanjutkan sisa masa jabatan periode tahun 2016-2021, selain itu pada rapat paripurna kali ini juga disahkan usulan terkait pemberhentian Mochamad Nur Arifin sebagai wakil Bupati Trenggalek. Usulan yang sudah disahkan dewan tersebut selanjutnya akan diajukan ke mendagri melalui Gubernur Jawa Timur.

Katua DPRD Kabupaten Trenggalek Samsul anam Menerangkan, Pengesahan usulan pengangkatan  Wakil Bupati Trengalek menjadi Bupati ini mengacu pada Undang Undang Nomor.10 tahun 2016. Pasalnya jika dalam 10 hari pasca terjadi kekosongan Bupati tidak segera diusulkan pengisian  oleh DPRD Trenggalek ke Mendagri, prosesnya akan diambil alih oleh Gubernur, Jiak Gubernur juga tidak melakukannya, maka akan diambil alih pemerintah Pusat.

Lebih lanjut samsul anam juga menambahkan, Setelah diusulkannya pengangkatan wakil Bupati menjadi Bupati Trenggalek kepada Mendagri, proses selanjutnya tinggal menunggu SK dari Mendagri yang diterimakan melalui Gubernur. Setelah SK tersebut turun baru bisa dilakukan pelantikan kepada yang bersangkutan , yang akan dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Timur.