Beranda NEWS MOMENT Mengintip Kelihaian Nenek Enam Cucu Asal Trenggalek Produksi Aneka Gerabah

Mengintip Kelihaian Nenek Enam Cucu Asal Trenggalek Produksi Aneka Gerabah

526

TRENGGALEK, bioztv.id – Usia boleh dikatakan semakin lanjut usia, namun keahliannya dalam membuat aneka gerabah nenek 62 tahun asal Trenggalek ini tak pernah termakan usia.  Diusianya yang semakin senja, nenek tersebut masih terlihat terampil memproduksi sendiri berbagai kerajinan gerabah di rumahnya.

Seperti inilah kegiatan nenek Sumiati dalam setiap harinya, dengan memanfaatkan peralatan seadanya berupa perbot  atau alat putar, batu dan tatap, nenek enam cucu ini mulai membuat bagian tengah kuali atau lambung. Tangan kirinya menggenggam batu, tangan itu berada di sisi dalam kuali. Dan tangan kanan memegang alat tatap. Sedangkan kaki kirinya menyentuh perbot, sesekali kakinya mengangguk-angguk hingga menggerakkan alat putar, dan bisa berputar dengan kecepatan yang seimbang.

Menurut nenek Sumiati, Ada dua jenis ukuran gerabah yang diproduksinya, yaitu ukuran sedang dan ukuran kecil. Dia menjual kuali yang ukuran sedang dengan harga 7.500 rupiah sedangkan ukuran kecil hanya 3.500 rupiah. Untuk kualitas gerabah buatannya ini diyakini bisa bertahan hingga bertahun tahun lamanya, terlebih jika kena panas maka kwali ini akan semakin kuat. Namun salah satu kelemahan dari kuali tanah seperti ini adalah tidak tahan dengan benturan keras, pasalnya, jika terkena benturan yang keras maka kwali akan pecah.

Nenek Sumiati juga mengaku, keahliannya membuat gerabah itu dia pelajari sejak usia 17 tahun. Dahulu, dirinya belajar membuat gerabah ini dari Ibunya. Tidak sampai berbulan-bulan, dirinya sudah bisa membuat gerabah jenis kuali. Dari keahliannya tersebut, Sumiati berharap bisa menjadi pekerjaan baginya, hingga bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.