Beranda Advetorial Mas Ipin, “Produksi Pupuk Organik Cair Selain Lebih Bagus Untuk Tanaman Juga...

Mas Ipin, “Produksi Pupuk Organik Cair Selain Lebih Bagus Untuk Tanaman Juga Ekonomis “

229

TRENGGALEK, bioztv.id – Ciptakan petani mandiri tanpa harus mengandalkan ketersediaan pupuk subsidi, Calon Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin ajak petani bisa mandiri dengan produksi sendiri pupuk organik cair, karena selain ramah lingkungan dan terbukti bagus untuk segala jenis tanaman, pupuk ini juga bernilai ekonomis.

DItengah kelangkaan pupuk bersubsidi saat ini, calon Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin atau Mas Ipin beberkan sejumlah solusi. Karena pupuk bersubsidi sebenarnya hanya diperuntukkan bagi petani sawah dan harus memiliki kartani. Sementara itu kondisi di Trenggalek bukan hanya ada petani sawah saja, tapi juga ada 120.000 petani hutan yang sama sama membutuhkan pupuk. Untuk memenuhi kebutuhan pupuk secara mandiri, Mas Ipin dorong petani produksi sendiri dan berikan pelatihan gratis bagi kelompok kelompok tani langsung dilapangan.

Calon Bupati Trenggalek nomor urut 2, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Ada banyak keuntungan dari produksi sendiri pupuk rganik cair ini. Karena sifatnya organik, jadi bahan bakunya bisa didapatkan langsung dari alam. Selain itu dari segi harga jual juga relatif lebih murah jika dibandingkan pupuk pabrikan lainnya. Sehingga  jika bisa dijadikan unit usaha bagi petani akan sangat menguntungkan.

Mochamad Nur Arifin juga menambahkan, pasca dilakukannya pelatihan pembuatan pupuk organik cair bagi kelompok tani ini, pihaknya berharap agar Petani Trenggalek tidak lagi ketergantungan dengan pupuk bersubsidi, tapi justru bisa memenuhi pupuk secara mandiri, dan bisa mendapatkan keuntungan dari hasil produksinya ini.