Beranda Advetorial Dorong Kemandirian Pupuk, Mas Ipin Latih Petani Trenggalek Produksi Sendiri Pupuk Organik...

Dorong Kemandirian Pupuk, Mas Ipin Latih Petani Trenggalek Produksi Sendiri Pupuk Organik Cair

267

TRENGGALEK, bioztv.id – Dorong kemandirian pupuk tanpa harus mengandalkan ketersediaan pupuk pabrikan maupun pupuk bersubsidi yang sangat terbatas, pasangan calon Bupati Trenggalek nomor urut dua, Mochamad Nur Arifin & Syah Mohamad Natanegara latih Petani Trenggalek produksi sendiri Pupuk Organik Cair.

Berikan solusi atas keluhan petani Trenggalek yang kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi, Calon Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin atau yang akbrab disapa Mas Ipin ajak petani produksi sendiri pupuk. Ia juga memberikan pelatihan gratis dan pendampingan bagi petani agar bisa  memproduksi sendiri Pupuk tersebut. Untuk membuat pupuk cair ini juga tidak memerlukan biaya yang banyak, karna bahan dasar dari pupuk organik ini bisa didapat dari alam dan ditambah beberapa jenis sampah organik saja. Sehingga pembuatan pupuk cair ini bisa dilakukan siapa saja dengan cukup mudah.

Menanggapi pelatihan ini, Calon Bupati Trenggalek Nomor Urut 2, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, mengingat saat ini sudah ada perda badan usaha milik petani, pihaknya ingin nantinya setiap kelompok tani mendirikan badan usaha milik petani dengan salah satu bidang usahanya berupa produksi pupuk organik cair. Sehingga nanti hasil produksi pupuk tersbeut bisa diperjual belikan di kalangan sendiri dengan harga yang sangat ekonomis. Untuk legalitas produksi pupuk ini nanti akan dilegalisasi sebagai badan usaha milik petani. Saat ini beberapa kelompok tani sudah ada yang menerapkan program ini, dan hasilnya terbukti cukup bagus.

Mas Ipin juga menjelaskan, Pembuatan pupuk organik cair yang di ajarkan ke petani Trenggalek ini dinilai cukup bagus untuk tanaman, karena pupuk ini sifatnya cair, sehingga mudah diserap oleh tanaman. Pupuk cair jenis ini juga sudah dilekukan percobaan dibeberapa tempat untuk berbagai jenis tanaman, hasilnya juga terbukti cukup baik untuk segala jenis tanaman.