Beranda Advetorial Ciptakan Pilkada Akuntable & Demokratis, KPU Gandeng Kejaksaan Latih PPK & PPS...

Ciptakan Pilkada Akuntable & Demokratis, KPU Gandeng Kejaksaan Latih PPK & PPS Se-Trenggalek

169

TRENGGALEK, bioztv.id – Pastikan kesiapan penyelenggara pemilu ditingkat bawah, KPU gandeng Kejaksaan lakukan Bimtek penyelneggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Trenggalek yang akuntable, demokratis dan berintegritas, terhadap badan penyelnggaran adhoc, yaitu PPK dan PPS se Kabupaten Trenggalek.

Menurut keterangan Ketua KPU Trenggalek, Gembong Derita Hadi menyampaikan, saat ini pihaknya terus mengevaluasi persiapan persiapan dari badan adhoc dalam pelaksanaan Pilkada Tahun ini. Salah satunya menyangkut keuangan, yaitu penggunaan anggaran yang akuntable dan bisa dipertanggung jawabkan. Sehingga KPU menggandeng Kejaksaan Negeri Trenggalek sebagai narasumber dalam Road Show Bimtek di seluruh kecamatan, agar PPK dan PPK memahami regulasi pengelolaan keuangan negara.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Trenggalek,   Darwiyah menjelaskan, Pihaknya sangat mengaresiasi KPu Trenggalek yang mengadakan bimbingan tekhnis ini. Karena pada Pilkada tahun ini KPU mendapat kucuran dana sekitar 34 Miliar rupiah, sehingga penggunaanya harus akuntable, sesuai peruntukan dan bisa dipertanggung jawabkan.

Ketua KPU Trenggalek juga menambahkan, selain melakukan bimbingan tekhnis terhadap badan adhoc, saat ini seluruh jajaran KPU mulai dari tingkat PPS dan PPK juga sudah menyiapkan proses penetapan DPT.  Namun dalam setiap tahapannya tidak lupa mengutamakan protocol kesehatan.