Iseng Buat Koleksi Pribadi, Sepatu Rajut Buatan Warga Trenggalek Diburu Penggemar Luar Kota

oleh
oleh
Iseng Buat Koleksi Pribadi, Sepatu Rajut Buatan Warga Trenggalek Diburu Penggemar Luar Kota
Iseng Buat Koleksi Pribadi, Sepatu Rajut Buatan Warga Trenggalek Diburu Penggemar Luar Kota

TRENGGALEK, bioztv.id – Berawal dari sekedar buat koleksi pribadi, sepatu rajut buatan warga Desa Nglongsor, Kecamatan Tugu, kabupaten Trenggalek, jawa Timur justru laku keras diburu penggemar dari luar kota. Ide membuat sepatu rajut ini berawal sejak Tahun 2020 lalu. Yakni, saat awal awal masa pandemi Covid-19.

Inilah Triana Ratnaningsih warga Desa Nglongsor yang kini menekuni hobinya membuat sepatu rajut. Dari hobi yang ditekuni ini, ia bisa mengahasilkan pundi-pundi rupiah. Bahkan, saat ini orderan terus berdatangan dari berbagai kota hingga luar pulau. Selain bagian sol, sepatu rajut bikinan Triana ini 100 persen buatan tangan atau hand made. Sehingga bisa menghasilkan karya yang unik dengan corak dan motif limited edition.

Triana Ratnaningsih menyampaikan, ia mulai merajut sepatu sejak pertengahan 2020,  tepat saat awal pandemi covid-19,. Awalnya,  sepatu-sepatu itu dibikin untuk koleksi pribadi,  seiring berjalannya waktu,  sepatu-sepatu unik itu ternyata digemari oleh banyak orang,  setelah di posting di media sosial. Teknik-teknik membuat sepatu rajut ini ia pelajri dari youtube dan kursus online. Dari situ ia terus mengasah kemampuannya secara otodidak. Hingga akhirnya ia mampu membuat sepatu rajut berbagai motif.

Triana juga menambahkan, pembuatan sepatu rajut tak jauh berbeda dengan barang-barang lain , seperti dompet,  jaket, atau sejenisnya. Untuk pembuatan sepatu rajut ini bagian tersulit hanya saat awal proses perajutan,  yakni ketika mengaitkan benang rajutan ke sol sepatu. Untuk menyelesaikan satu pasang sepatu rajut bisa dilakukan dalam kurun waktu kurang dari 24 jam,  namun di hari biasa pengerjakan sepatu membutuhkan waktu 3 sampai 4 hari. Dari hasil karyanya ini, Triana membandrol harga mulai dari Rp 175 ribu hingga Rp 350 ribu per pasang.