Beranda NEWS KRIMINAL Pasok Serbuk Bahan Petasan Ke Trenggalek, 2 Warga Jombang Terancan Kurungan Seumur...

Pasok Serbuk Bahan Petasan Ke Trenggalek, 2 Warga Jombang Terancan Kurungan Seumur Hidup

580

TRENGGALEK, bioztv.id – Nekat pasok 25 kilogram serbuk bahan peledak untuk petasan ke Trenggalek, dua warga asal kabupaten Jombang, Jawa Timur akhirnya diringkus Polisi. Rencananya barang tersebut akan dijual ke salah satu warga di Kecamatan Tugu dengan harga 6.250.000 Rupiah.

Menurut keterangan kapolres Trenggalek, Penjualan bahan peledak secara ilegal itu bermula dari Facebook. Awalnya, seorang warga Trenggalek mengungah tulisan soal kebutuhan bahan peledak untuk membuat petasan di salah satu grup Facebook. Yusron yang melihat postingan itu kemudian menawarkan bahan peledak. Setelah intens berkomunikasi, kedua pihak sepakat untuk bertransaksi jual beli untuk 25 kilogram bahan peledak. Yusron kemudian mengajak Abdul Salam untuk mencari bahan peledak. Mereka akhirnya menemukan penjual bahan peledak ke seorang lain lewat pelantara.

Lbih lanjut Kapolres Trenggalek, AKBP.Doni Satria Sembiring menyampaikan, Seluruh barang itu dibeli kedua tersangka dari perantara seharga 3,375 juta Rupiah dan rencananya akan dijual ke pemesan seharga 6,25 juta Rupiah. Setelah itu, kedua tesangka langsung berangkat ke Trenggalek untuk bertemu pemesan. Kedua berboncengan naik motor dan sampai di Trenggalek dini hari. Setelah bertemu dengan pemesan, selang beberapa saat tersangka diringkus Polisi.

Saat ini kedua tersangka sudah diamankan di mapolres Trenggalek, sementara itu barang bukti berupa 25 kilogram bahan peledak sudah dimusnahkan petugas. Akibat perbuatannya ini para tersangka dijerat Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Dalurat RI Nomor 12 Tahun 1951 Jo Undang-Undang RI Nomo 1 Tahun 1961, dengan ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup, dan atau penjara sementara maksimal dua puluh tahun penjara.